Salin Artikel

Luhut: Pemerintah Akan Lakukan Vaksinasi Selesai Tarawih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan semakin mempermudah akses bagi masyarakat mendapatkan vaksin Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan vaksinasi saat selesai shalat tarawih.

"Pemerintah akan terus mendorong untuk menjaga momentum baik ini dan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menjangkau gerai-gerai vaksinasi, pemerintah juga akan melakukan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan saat selesai tarawih," ujar Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM di Istana Negara, Senin (4/4/2022).

"Dan tempat publik lainnya seperti stasiun, bandara, terminal bus, pusat keramaian dan tempat-tempat pelaksanaan mudik bersama," lanjutnya.

Menurut Luhut, upaya ini dilakukan semata-mata untuk tetap menjaga momen pandemi dalam kondisi yang baik.

Pasalnya sejak diumumkan sebagai salah satu syarat mudik Idul Fitri tahun ini, laju vaksinasi harian untuk booster di seluruh Jawa-Bali mengalami tanda-tanda peningkatan yang cukup tinggi.

Dia pun menekankan, penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi masih menjadi alat utama untuk menjaga peningkatan kasus Covid-19 di tengah pemulihan ekonomi dan mobilitas yang sedang berjalan.

"Untuk itu pemerintah meminta secara khusus kepada seluruh forkompinda (forum koordinasi pimpinan daerah) di Jawa-Bali agar terus memaksimalkan capaian vaksinasi dosis kedua dan booster," tegas Luhut.

Pemerintah pun mempersilahkan masyarakat untuk dapat melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadhan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu penggunaan masker dan juga melakukan pengecekan suhu dan memastikan tempat di dalam ibadah memiliki saluran udara ventilasi yang baik.


Selain itu pemerintah juga membagikan masker dan sabun pencuci tangan terhadap kepada mesjid-mesjid untuk dipergunakan masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan.

"Pemerintah juga akan memohon kepada forkompinda dan pengelola mal dan restoran agar tetap menegakkan penggunaan PeduliLindungi di mal, restoran dan kafe terutama pada saat mendekati periode di jam buka puasa," jelas Luhut.

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/04/16572521/luhut-pemerintah-akan-lakukan-vaksinasi-selesai-tarawih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke