Salin Artikel

Pantau Pembangunan IKN, Puan Terbang ke Kalimantan Timur Hari Ini

Kedatangan Puan ke Kalimantan Timur guna memastikan persiapan pembangunan proyek IKN Nusantara.

"UU IKN sudah disahkan oleh DPR, maka saya mendatangi lokasi IKN Nusantara untuk menegaskan bahwasanya DPR mengawal pelaksanaan proyek ini sejak awal," kata Puan dalam keterangannya, Rabu.

Kedatangan Puan itu didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Ketua DPP PDI-P itu ingin memastikan seberapa siap pembangunan IKN Nusantara. Dirinya mengaku perlu meninjau lokasi IKN agar bisa mengecek langsung kondisi calon IKN yang baru.

“DPR RI perlu turun sendiri melihat persiapan pembangunan IKN secara langsung. Ini juga sekaligus sebagai bagian upaya kami dalam mengemban amanat rakyat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Puan juga mengajak serta sejumlah anggota alat kelengkapan dewan (AKD) terkait dalam peninjauan lokasi IKN.

Sejumlah anggota itu di antaranya Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah, Ketua Komisi V DPR Lasarus, dan Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto.

“Kami bersama-sama datang untuk melihat perkembangan proyek IKN Nusantara sebagai salah satu bentuk pengawasan. Dengan melihat langsung lokasi calon ibu kota negara, kami bisa memberikan catatan-catatan kepada pemerintah,” ucap Puan.

Dari Balikpapan, Puan beserta rombongan akan menuju lokasi Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara. Diketahui bendungan itu dibangun untuk pemenuhan air baku IKN.

Setelah itu rombongan juga direncanakan mendatangi lokasi Menara Pandang dan tempat Istana Negara yang akan dibangun.

Puan juga bakal meninjau titik nol yang akan menjadi lokasi kantor-kantor lembaga tinggi negara, termasuk DPR RI.

“Saya berharap proses pembangunan dapat akan berjalan lancar sesuai rencana,” ucap mantan Menko PMK tersebut.

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/16/09541661/pantau-pembangunan-ikn-puan-terbang-ke-kalimantan-timur-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke