Salin Artikel

Update Resmi Pemerintah Tonga: Berikut Rincian Korban Jiwa Tsunami Sejauh Ini, Tak Ada WNI

Hal itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Tonga di Tokyo, melalui akun twitter (@TongaEmbTokyo), melalui siaran pers kantor Perdana Menteri Tonga sebagai update resmi pertama.

“Pemerintah Tonga mengonfirmasi hingga saat ini terdapat 3 orang korban jiwa yaitu 1 orang warga negara Inggris berusia 65 tahun yang tinggal di Pulau Mango, 2 orang warga negara Tonga salah satunya pria usia 49 tahun yang tinggal di Pulau Nomuka,” demikian isi siaran tersebut, dikutip situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Rabu (19/1/2022).

“Terdapat juga sejumlah korban mengalami luka yang belum diketahui warga negaranya.”

Sementara itu, Kemenlu menyebut, KBRI Wellington yang juga mencakup wilayah Tonga terus berupaya menghubungi 5 orang WNI yang sebelumnya diketahui berada di sana ketika peristiwa terjadi.

Letusan gunung dan tsunami itu menyebabkan jalur komunikasi masih terputus, termasuk sambungan internet lantaran kerusakan jaringan kabel fiber optik.

“KBRI Wellington juga secara intensif berkomunikasi dengan Pemerintah Selandia Baru, Konsul Tonga yang ada di Auckland, dan Komisi Tinggi Tonga di Canberra, Australia untuk mengupayakan informasi mengenai kondisi para WNI di Tonga,” tulis Kemenlu dalam situs resminya.

Pemantauan terus dilakukan oleh Pemerintah Tonga meski peringatan tsunami sudah ditiadakan dan aktivitas vulkanik gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga Ha'apao mereda.

Sebelumnya, letusan gunung dan tsunami setinggi 15 meter menyebabkan kerusakan parah di negara tersebut dan sulitnya akses air bersih.


Pemerintah Tonga menyampaikan, proses evakuasi telah dilakukan di sejumlah gugusan pulau dari Pulau Atata hingga Tongatapu, Pulau Mango dan Fonoifua hingga Nomuka.

Di Kanokupolu, 21 rumah dikabarkan rusak total dan 35 lainnya rusak parah. Sementara itu, di Kolomotu'a 8 rumah rusak total dan 20 lainnya rusak parah serta 45 rumah dikabarkan rusak parah di Pulau 'Eua.


“Komunikasi lokal dengan daerah Vava'u dan Ha'apai telah berhasil dilakukan melalui telepon satelit dan radio frekuensi tinggi meskipun sangat terbatas. Komunikasi dengan daerah Niuas masih terputus total namun daerah tersebut tergolong risiko rendah karena jarak yang cukup jauh dari gunung Hunga-Tonga-Hunga Ha'apao,” bunyi siaran pers tersebut.

https://nasional.kompas.com/read/2022/01/19/14240341/update-resmi-pemerintah-tonga-berikut-rincian-korban-jiwa-tsunami-sejauh-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke