Salin Artikel

1 WNI yang Disandera Milisi Houthi di Yaman Sudah Diinapkan di Hotel tetapi Masih Diawasi

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha mengatakan, Surya telah melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan keluarga. Dalam sambungan telepon tersebut, ia mengaku berada dalam kondisi sehat, aman, serta mendapat perlakuan yang baik.

"SHP (Surya Hidayat) sudah diinapkan di hotel, tetapi memang masih diawasi oleh kelompok Houthi," ujar Judha lewat pesan singkat, Kamis (13/1/2022).

Menurut Judha, Kemenlu melalui Kantor Perwakilan RI di Abu Dhabi, Muscat, dan Riyadh telah melakukan upaya pemulangan Surya ke Tanah Air.

Surya, warga Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi korban penyanderaan di Yaman sejak 7 Januari 2022.

"Kemlu melalui KBRI di Abu Dhabi, Muscat, dan Riyadh sedang mengupayakan kepulangan SHP dengan pihak-pihak terkait," kata Judha.

Sebelumnya diberitakan bahwa kapal yang ditumpangi Surya diadang milisi Houthi lantaran membawa amunisi. Surya disandera bersama sembilan orang temannya sesama ABK kargo milik Arab.

Ketua Corps Alumni Bumiseram Makassar (CABM) Capt Agus Salim mengatakan, sembilan ABK kapal kargo yang dibajak sudah diturunkan ke daratan.

“Sudah dari beberapa hari yang lalu, seluruh kru di atas kapal sudah dipindahkan ke darat. Mereka itu dipindahkan ke base camp untuk khusus akomodasi. Semua kebutuhan dasar seperti makan, minum dan sebagainya terpenuhi. Juga diberikan untuk melakukan komunikasi, ke keluarga masing-masing,” kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/01/13/12355741/1-wni-yang-disandera-milisi-houthi-di-yaman-sudah-diinapkan-di-hotel-tetapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke