Salin Artikel

Ketua DPR Akan Jadi Pembicara Konferensi Ketua Parlemen Dunia di Austria

WCSP merupakan forum yang digelar oleh Inter-Parliamentary Union (IPU), organisasi internasional beranggotakan parlemen-parlemen dari negara-negara berdaulat, yang bekerja sama dengan Austria National Council.

Dalam forum ketua parlemen sedunia itu, Puan akan menjadi pembicara kunci dalam dialog mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Pertemuan ini diadakan setiap 5 tahun sekali dan jika hanya diwakilkan oleh IPU tidak menjamin akan mendapat hak bicara," kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, Sabtu (4/8/2021).

Indra menuturkan, Puan akan menjadi pembicara kunci dalam dialog interaktif bertema "Achieving Sustainable Development Requires More Attention on Human Wellbeing and Environmental Preservation than on Economic Growth".

"Ibu Ketua mendapat peran besar sebagai pembicara pada General Debate pertama, dengan tema terkait keseimbangan pembangunan ekonomi, lingkungan, dan sosial," kata Indra.

Indra melanjutkan, pertemuan ketua-ketua parlemen sedunia itu akan mengangkat isu besar terkait multilateralisme untuk perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

Isu tersebut diambil karena IPU menganggap tantangan global yang saat ini terjadi hanya akan bisa ditangani melalui kolaborasi, koordinasi, dan respons bersama seluruh negara di dunia.

Pada akhir konferensi, para ketua parlemen sedunia akan menyepakati suatu deklarasi tentang peran parlemen dalam menjalankan multilateralisme yang efektif.

"Pertemuan ini merupakan forum yang tepat untuk menjalin networking di antara ketua parlemen," ucapnya.

Dalam acara tersebut, Puan akan didampingi oleh Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Sihar Sitorus.

Kegiatan itu akan diselenggarakan di Gedung Parlemen Austria dan merupakan kelanjutan dari sesi pertama yang digelar secara virtual pada 19-20 Agustus 2021 lalu.

https://nasional.kompas.com/read/2021/09/04/13122301/ketua-dpr-akan-jadi-pembicara-konferensi-ketua-parlemen-dunia-di-austria

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke