Salin Artikel

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Pfizer

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan penerbitan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Pfizer.

"BPOM pada hari Rabu 14 Juli 2021 telah menerbitkan EUA untuk vaksin yang diproduksi oleh Pfizer and BioTech dengan platform mRNA," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Penny mengatakan, vaksin Pfizer memiliki efikasi 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas dan 100 persen pada remaja usia 12-15 tahun.

"Data imunogenitas menunjukkan pemberian dua dosis vaksin dalam selang 3 minggu ini menghasilkan respons yang baik," ujarnya.

Penny mengatakan, penilaian data mutu vaksin Pfizer telah dilakukan sesuai pedoman evaluasi yang berlaku secara internasional.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada ITAGI dan Komite Penilaian Vaksin Covid-19 yang telah bekerja sama dengan BPOM dalam pengkajian, sehingga EUA vaksin Pfizer dapat diterbitkan.

"Tentunya tetap kita memastikan aspek mutu dan khasiat dari vaksin ini," ucapnya.

Penny menambahkan, dengan diterbitkannya EUA untuk vaksin Pfizer, maka BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat kepada enam jenis vaksin.

"Pertama, ada Coronavac dari Sinovac, Vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Bio Farma, AstraZeneca yang diperoleh dari Covax facility, Sinopharm dari Beijing, dan Moderna dari Amerika," pungkasnya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/07/15/16391501/bpom-terbitkan-izin-penggunaan-darurat-untuk-vaksin-pfizer

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke