Salin Artikel

KPK Gelar Pendidikan Bangun Integritas untuk Pegawai Kementerian ESDM

Program tersebut dilakukan di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Kamis (5/6/2021).

Dalam kesempatan itu Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan bahwa pemberantasan korupsi mesti dilakukan mulai dari tahap pencegahan dengan melakukan edukasi agar dapat membentuk penyelenggara negara yang berintegritas.

"KPK melakukan upaya pencegahan yang salah satunya diimplementasikan melalui pendidikan untuk membangun integritas," sebut Firli dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia juga menegaskan bahwa penyelenggara negara yang memiliki integritas adalah mereka yang tidak melakukan korupsi.

"Penyelenggara negara yang berintegritas tidak akan korupsi," sambung dia.

Dalam kesempatan yang sama Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan upaya pencegahan korupsi.

Ia mengaku Kementerian ESDM telah bekerjasama dengan Deputi Pencehahan KPK untuk mengimlementasikan sejumlah program pencegahan korupsi.

"Kami berusaha mencegah korupsi dengan sistem yang baik. Kami sudah ada kerja sama dengan Deputi Pencegahan, ada 9 item yang saat ini sedang disiapkan untuk dapat diselesaikan dan diimplementasikan," terang Arifin.

Meski demikian Arifin tak menampik bahwa usaha pencegahan tindak pidana korupsi penuh dengan tantangan.

Arifin menjelaskan tantangan yang paling sering muncul adalah terkait dengan laporan dugaan penerimaan gratifikasi, perizinan, hingga remunerasi di lingkungan Kementerian ESDM.

"Tantangan lainnya terkait berbagai bentuk perizinan dan prosedur, regulasi dan remunerasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ESDM yang masih belum ideal," imbuhnya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/06/03/20411381/kpk-gelar-pendidikan-bangun-integritas-untuk-pegawai-kementerian-esdm

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke