Salin Artikel

Kondisi Presiden-Wapres dan Jajaran Menteri Pasca Tes Corona

Budi Karya sebelumnya diketahui mengikuti rapat terbatas di Istana pada 11 Maret 2020. Kemudian pada Sabtu (14/3/2020), Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan bahwa Budi Karya positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto menyebut, Budi Karya sebagai pejabat negara yang diidentifikasi sebagai pasien kasus ke-76.

Sebelum mengikuti rapat terbatas, Budi diketahui menyambut kru kapal pesiar Diamond Princess yang baru saja dipulangkan ke Tanah Air pada awal Maret 2020.

Kapal Diamond Princess sendiri sempat disebut sebagai salah satu episentrum penyebaran virus corona di Jepang.

Sementara itu, pasca menjalani tes kesehatan, para pejabat negara pun menyampaikan hasil yang beragam. Berikut selengkapnya:

1. Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo mengaku, telah menjalani tes corona. Tak hanya itu, Ibu Negara Iriana Jokowi pun juga telah menjalani tes serupa.

Namun, saat ditanya tentang hasil tesnya, Jokowi enggan membeberkannya. Sebab, menurut dia, hasil pengecekan itu sebaiknya diumumkan langsung oleh tim medis yang menanganinya.

"Hasilnya tanyakan ke yang ngetes," kata Jokowi.

2. Wapres Ma'ruf Amin

Wapres diketahui telah menjalani tes di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu (14/3/2020).

Menurut Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, hasil tes Ma'ruf baik.

"Wapres sudah melakukan pengetesan Covid-19 dan negatif," kata Masduki kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Ia menyebut, Ma'ruf tidak banyak melakukan kontak fisik dengan Budi Karya.

Dengan hasil itu, Ma'ruf akan tetap bekerja di kantor dan memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan komunikasi dengan jajarannya.

3. Suharso Monoarfa

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dikabarkan sempat mengisolasi diri di rumah. Namun, kabar tersebut ditegaskan tidak benar.

Suharso memang ikut dalam rapat tersebut. Namun, setelah melakukan tes Covid-19 di kediamannya, di Bali pada Minggu (15/3/2020), saat ini ia dinyatakan dalam kondisi sehat.

"Kurang tepat apabila dikatakan bahwa Menteri PPN/Kepala Bappenas diduga terpapar Covid-19 dan sedang mengisolasi diri. Saat ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala apapun dari Covid-19," kata pihak Kementerian PPN dalam keterangan resmi, Minggu (15/3/2020).

4. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah melakukan pemeriksaan di RSPAD, Senin (16/3/2020).

"Alhamdulillah saat ini beliau (Prabowo) dalam kondisi sehat walafiat," kata Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak, seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, saat rapat terbatas yang turut diikuti Budi Karya pekan lalu, Menhan tidak hadir karena ada agenda internal di Kemenhan.

"Pak Prabowo pada ratas tanggal 11 Maret lalu tidak hadir, dimana Pak Menhub hadir. Pak Prabowo tidak hadir dalam ratas tersebut karena ada agenda internal di Kemhan," ujarnya.

5. Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil terlihat duduk tepat di samping kanan Budi Karya dalam rapat tersebut.

Meski duduk bersebelahan, saat ini kondisi Sofyan cukup baik. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati bahkan menyebut, Sofyan tidak dikarantina dan negatif Covid-19.

Hal itu dipastikan Yulia setelah Sofyan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto pada Sabtu (14/3/2020).

"Pak Menteri ATR/Kepala BPN sudah melakukan test hari ini di RSPAD dan hasilnya negatif, terima kasih," singkat Yulia kepada Kompas.com.

6. Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinyatakan sehat usai melakukan tes virus corona hari ini, Minggu (15/3/2020). Erick disebut menjalankan tes corona bersama istrinya.

"Mengenai kesehatan Menteri BUMN (Erick Thohir) dipastikan kondisi kesehatannya saat ini baik. Tadi bersama isteri, Erick Thohir sudah mengikuti cek virus corona," kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Minggu (15/3/2020).

7. Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini terlihat duduk bersebelahan dengan Budi saat melakukan mengunjungi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung pada 4 Maret lalu.

Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja memastikan, bahwa hingga kini Basuki dalam kondisi baik. Hal ini sekaligus untuk meluruskan kabar yang menyebut Basuki tengah dikarantina di rumah.

"Tidak betul (dikarantina). Beliau ada di rumah dinas dalam keadaan sehat walafiat," kata Endra menjawab Kompas.com, Sabtu (14//3/2020) malam.

Endra mengaku, dirinya masih berkomunikasi dengan Basuki sejak pagi hingga malam untuk membicarakan berbagai urusan pekerjaan menyangkut bidang PUPR.

8. Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi RSPAD Gatot Soebroto pada Senin (16/3/2020). Kedatangannya ke rumah sakit untuk tes virus corona (Covid-19).

Usai menjalani pemeriksaan, Edhy mengaku kesehatannya baik-baik saja. Ia mengaku tidak menujukkan gejala seperti batuk maupun sesak napas yang menjadi ciri terjangkit Covid-19.

"Saya aman, baik. Tapi kita tunggu saja hasilnya ya," ujar Edhy dalam siaran pers, Senin (16/3/2020).

Menurut dia, dalam beberapa waktu terakhir, dia memang tidak bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bahkan pada rapat terbatas (ratas) tanggal 11 Maret, ia sedang menjalani sidang terbuka promosi doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung.

9. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan kondisi kesehatannya melalui akun instagram pribadinya. Ia sebelumnya sempat bertemu dengan Budi Karya saat rapat terbatas.

Dalam keterangan yang dibagikan, Sri Mulyani mengaku, dirinya dalam keadaan sehat.

Bahkan, pada akhir pekan kemarin, ia sempat memimpin rapat koordinasi dengan jajaran Kementerian Keuangan melalui konferensi video untuk merumuskan kebijakan dan langkah-langkah APBN dan keuangan negara dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

"Rapat dengan video untuk mengurangi potensi penularan virus Covid-19, tapi tetap efektif dalam merumuskan kebijakan dan melaksanakan tugas Kemenkeu," tulis Sri Mulyani pada Minggu (15/3/2020).

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/17/10445761/kondisi-presiden-wapres-dan-jajaran-menteri-pasca-tes-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke