Salin Artikel

Menkes: Tak Semua Orang yang Kontak dengan Pasien Corona Akan Tertular

"Ada sebuah hal yang harus diketahui, tidak semua orang yang kontak itu akan sakit, biar close contact pun belum tentu sakit," kata Terawan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Terawan menuturkan, hal ini terlihat dari 188 Warga Negara Indonesia awak kapal pesiar Dreamworld yang dievakuasi dari kapal yang sempat mengangkut orang terinfeksi virus corona itu.

Padahal, kata Terawan, ke-188 awak kapal itu melakukan kontak langsung dengan penumpang kapal tersebut.

Menurut Terawan, virus tidak tertular karena para awak kapal memiliki imunitas tubuh yang baik.

"Jelas-jelas close contact, dia melayani di situ, tetapi memang negatif. Jadi tidak selalu. Kenapa bisa negatif? Itu karena imunitas tubuh. Kalau kita punya imunitas tubuh yang baik, biar close contact ya ga akan kena," ujar Terawan.

Terawan mengingatkan, pola penyebaran virus berbeda dengan bakteri. Terawan menyebutkan, imunitas dan higienitas merupakan kunci agar tak terjangkit virus.

"Virus itu kuncinya imunitas yang baik, hygiene yang baik, cuci tangan, menurut saya itu semua akan menjadi hal yang paling baik," kata Terawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus Corona Covid-19 di Indonesia.

Dua warga Depok, seorang ibu (64) dan putrinya (31) positif virus Corona setelah melakukan kontak dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/02/17043871/menkes-tak-semua-orang-yang-kontak-dengan-pasien-corona-akan-tertular

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke