Salin Artikel

Tunda Aziz Jadi Ketua DPR, Seluruh Fraksi Minta Golkar Selesaikan Konflik Internal

Penundaan ini disepakati fraksi-fraksi di DPR untuk menghindari kegaduhan yang muncul dari internal Partai Golkar. Aziz pun tak mempersoalkan keputusan itu.

"Ya kami lihat lah, biar enggak gaduh. Kami kan enggak mau politik jadi gaduh. Bagi saya enggak ada masalah," kata Aziz seusai mengikuti rapat Badan Musyawarah (Bamus) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Namun, ia tetap bersikeras penunjukannya sebagai Ketua DPR sudah sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku. Menurut dia, penunjukan Ketua DPR menjadi hak Novanto selaku Ketua Umum Golkar.

Ia menilai penunjukannya sebagai Ketua DPR juga memenuhi keinginan publik yang meminta Novanto segera diganti karena berstatus tersangka korupsi untuk kedua kalinya dan kini ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu menambahkan nantinya pimpinan DPR akan menyurati Fraksi Golkar untuk menyelesaikan perbedaan di internal terkait posisi Ketua DPR le depan.

Saat ditanya apakah pergantian Ketua DPR oleh Golkar akan menunggu terpilihnya Ketua Umum Golkar yang baru melalui musyawarah nasional luar biasa (munaslub), ia enggan menaggapi lebih jauh.

Menurut dia, hal ini akan dikembalikan ke internal Golkar terlebih dulu. Ia pun meminta persoalan di DPR tak dicampuradukan dengan permasalahan Golkar.

"Nantilah sampai Januari. Nantilah kita lihat. Ini kan harus kita bedakan pemasalahan di DPR sama permasalahan di internal Golkar. Yang dibahas di sini permasalahan di DPR," lanjut Aziz.

Sebelumnya, Badan Musyawarah Nasional Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memutuskan menunda pembahasan proses pergantian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama Politisi Partai Golkar Aziz Syamsuddin sebelumnya ditunjuk Setya Novanto untuk menjadi Ketua DPR.

"Disepakati dalam Bamus untuk menunda pergantian (Ketua DPR). Namun, surat tersebut tetap dibacakan dalam rapat paripurna," ujar Aziz usai rapat Bamus di Kompleks Parlemen, Senin (11/12/2017).

https://nasional.kompas.com/read/2017/12/11/17052141/tunda-aziz-jadi-ketua-dpr-seluruh-fraksi-minta-golkar-selesaikan-konflik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke