Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santoso Diduga Tewas, Mendagri Berharap Sulteng Semakin Kondusif

Kompas.com - 19/07/2016, 15:30 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku telah berdiskusi dengan Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen (Pol) Rudy Sufahriadi terkait dua teroris di Poso yang tewas dalam baku tembak, Senin (18/7/2016). \

Jika benar salah satu yang tewas adalah Santoso, Tjahjo berharap Satgas Operasi Tinombala mampu memberantas pengikutnya yang masih tersisa.

"Sehingga stabilitas di Sulteng dan Sulawesi cepat pulih dan proses pembangunan bisa lebih cepat. Walaupun masih ada 2-3 kelompok lagi, ini prestasi Kepolisian," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Tjahjo menambahkan, kejadian ini seharusnya dapat menjadi pintu masuk pengejaran proses masuknya senjata secara lebih komprehensif.

"Apakah dari perbatasan Filipina atau impor darimana? Harus lebih komprehensif, ditelaah," ujar dia.

Diberitakan, Satgas Operasi Tinombala terlibat baku tembak dengan kelompok Santoso di hutan wilayah Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah, Senin sore.

Dua orang anggota kelompok itu tewas, sementara tiga lainnya melarikan diri. Dua orang yang meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki.

Sementara, tiga orang yang melarikan diri terdiri dari seorang laki-laki dan dua perempuan.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen (Pol) Rudy Sufahriadi sangat yakin bahwa salah satu dari dua terduga teroris yang tewas dalam baku tembak, Senin (18/7/2016), adalah Santoso.

"Di atas 70 persen, itu Santoso," ujar Rudy.

Keyakinan itu didasarkan pada ciri-ciri fisik pada jenazah. Pada salah satu jenazah, terdapat tahi lalat di kening.

Struktur wajah, kata dia, juga mirip sekali dengan Santoso sebagaimana yang terdata dalam foto Daftar Pencarian Orang (DPO) Polri.

Kini, jenazah yang diduga Santoso beserta satu jenazah lainnya sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polri Palu untuk proses identifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com