Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Seyogianya Diuji dalam Konvensi

Kompas.com - 07/09/2013, 14:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar komunikasi politik Universitas Indonesia (UI), Efendi Ghazali, berpendapat, kepastian maju atau tidaknya Gubernur DK Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pemilu 2014 seyogianya lahir dari mekanisme konvensi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Kapabilitas Jokowi harus dibuktikan. Mekanisme konvensi adalah jawaban untuk pembuktian itu.

"Konvensi itu membuat para calon dari partai berbeda saling berkontestasi dalam gagasan-gagasan besar bernegara," ujar Efendi yang dihubungi wartawan, Sabtu (7/9/2013). Menurutnya, konvensi akan mematangkan Jokowi dalam merespons gagasan-gagasan dari peserta konvensi lain.

Di mata Efendi, Jokowi memiliki keunggulan dari sisi karakter kepemimpinan. Namun, dia menegaskan, Indonesia butuh sosok pemimpin yang tidak hanya berkarakter atau berkharisma, tetapi juga mampu menjawab persoalan sekaligus tantangan bangsa secara global. 


"Katakanlah, para calon bisa memperdebatkan Garis Besar Haluan Rakyat (GBHR)," lanjutnya.

Ia mencontohkan Obama. Gagasan-gagasan Obama soal perbaikan Amerika mengemuka saat ia melakukan konvensi melawan Hillary Clinton.

Nama Jokowi unggul dalam sejumlah survei. Meski elektabilitas Jokowi meroket, PDI-P sama sekali belum menyinggung soal calon yang akan mereka usung dalam Pemilu Presiden 2014.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan, penetapan nama calon presiden dari partai yang dipimpinnya menunggu waktu yang tepat setelah pemilu legislatif.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com