Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Geledah Kantor SKK Migas Empat Hari Berturut-turut

Kompas.com - 17/08/2013, 13:59 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) di Gedung Wisma Mulia, Jakarta, dalam empat hari berturut-turut.

Pada Sabtu (17/8/2013), tim penyidik KPK kembali melakukan penggeledahan. "Penggeledahan lanjutan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi.

Menurut Johan, hingga pukul 13.30 WIB, penggeledahan tersebut masih berlangsung. Penggeledahan ini, katanya, merupakan lanjutan dari penggeledahan pada Jumat (16/8/2013) malam.

Sebelumnya, KPK menggeledah kantor SKK Migas sejak Rabu (14/8/2013) malam hingga Kamis (15/8/2013) sore. Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita sejumlah uang dan emas di ruangan Rudi. Nilai uang yang ditemukan sekitar 60.000 dollar Singapura, 2.000 dollar AS, dan kepingan emas seberat 180 gram.

KPK juga menyita uang dalam deposit box yang berada di Bank Mandiri, Jakarta, senilai total 350.000 dollar AS.

Menurut Johan, tim penyidik kembali menggeledah SKK Migas karena masih ada bukti-bukti tambahan yang dicari. Johan menambahkan, kemungkinan ruangan yang digeledah hari ini berbeda dengan ruangan pada penggeledahan sebelumnya.

Selain kantor SKK Migas, sebelumnya KPK menggeledah kantor Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM di Jalan Medan Merdeka dan kantor PT Kernel Oil Private Limited (KOPL) di Gedung SCBD.

Dari ruang kerja Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyo, KPK menyita uang tunai 200.000 dollar AS dalam sebuah tas hitam. Asal usul uang itu masih diselidiki KPK.

Dalam kasus ini, Rudi dan pelatih golf, Deviardi alias Ardi, diduga menerima suap dari petinggi PT KOPL, Simon Tanjaya. Dari rumah Rudi yang juga adalah mantan Wamen ESDM itu, KPK menyita uang senilai 400.000 dollar AS, 90.000 dollar AS, 127.000 dollar Singapura, serta motor berkapasitas mesin besar bermerek BMW. Tim penyidik juga menyita uang tunai 200.000 dollar AS dari kediaman Ardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com