Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda: Bantuan dalam Bentuk Program

Kompas.com - 20/09/2011, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebelum putusan Pengadilan Den Haag, Pemerintah Kerajaan Belanda ternyata telah setuju memberikan bantuan proyek kepada warga Balongsari (dulu Rawagede) di Karawang, Jawa Barat.

Juru Bicara Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Dorine Wytema yang dihubungi, Selasa (20/9/2011), menjelaskan, ada bantuan 850.000 Euro atau Rp 10,37 miliar (kurs sekarang Rp 12.200 per Euro) yang disepakati tahun 2009.

"Program awal berupa bantuan proyek micro finance. Proyek lanjutan berupa pembangunan fisik yang akan menunggu detail teknis dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia," kata Dorine.

Ada pun Kordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan Haris Azhar menyatakan, kerabat dan korban pembantaian Rawagede hingga kini belum pernah menerima bantuan dari pemerintah Belanda.

Dorine menambahkan, bantuan diberikan bukan untuk korban saja tetapi bagi pembangunan komunitas di Rawagede. Pelaksanaan proyek menanti kabar lebih lanjut dari Kementerian Dalam Negeri. "Kita memberikan pendampingan dan proyek yang sifatnya berkelanjutan agar bermanfaat bagi seluruh masyarakat," ujar Wytema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com