Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Gaet Pengusaha Kecil

Kompas.com - 12/05/2011, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka memberdayakan dan membangkitkan ekonomi rakyat, Partai Golkar, Kamis (12/5/2011), membuat program "Bersama Bangkitkan Usaha Kecil, dari Aceh sampai Papua". Program tersebut adalah pelatihan bagi para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan usahanya di 33 provinsi di Indonesia.

"Pemerintah sudah banyak sekali melakukan pekerjaan, tetapi masih tetap kurang karena bagaimanapun juga tidak mungkin pemerintah bekerja sendirian. Oleh karena itu, masyarakat, partai politik, lalu pengusaha-pengusaha besar dan menengah harus bersama-sama melakukan kegiatan seperti ini," ujar Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie saat membuka acara tersebut di Gedung Sucofindo, Jakarta, Kamis (12/5/2011).

Aburizal mengatakan, program tersebut merupakan gagasan pribadi dan beberapa kader Partai Golkar untuk menggerakan ekonomi rakyat kecil. Ia menilai, pelaku usaha kecil adalah mayoritas pelaku usaha di Indonesia. Sebab, lanjutnya, lebih dari 90 persen pelaku usaha nasional adalah pelaku usaha kecil saat ini.

"Sedangkan untuk jumlah calon pengusaha kecil di berbagai daerah itu bergantung pada perusahaan-perusahaan yang sudah disiapkan oleh Golkar. Tetapi, kami sudah mempunyai target dalam satu tahun, yaitu 100.000 pengusaha yang akan ikut dalam berbagai kegiatan ini," kata politisi yang biasa dipanggil Ical ini.

Adapun program-program tersebut terdiri atas beberapa macam pelatihan mengenai kewirausahaan. Salah satunya adalah Bakrie Micro Finance, yang memberikan bantuan dana bergulir kepada rakyat. Selain itu, Ical juga mengatakan bahwa semua perusahaan yang dimilikinya akan menjalankan program public service, di mana setiap masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik dana maupun pelatihan, dapat dibantu dalam program tersebut.

"Selain mengenai pendidikan-pendidikan usaha. Dalam program itu juga nantinya akan diberikan dalam satu minggu sekali bagaimana pendidikan keluarga sehat, pendidikan bagaimana menekan angka kematian ibu yang melahirkan, pendidikan keluarga sejahtera," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Ical, dirinya berharap program tersebut dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak, khususnya partai politik, untuk bersama-sama membuat program-program serupa yang bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat kecil.

"Ini bukan monopoli Partai Golkar karena kita tidak berbicara pada tataran partai politik, kita berbicara dalam konteks kesejahteraan, yaitu bagaimana partai juga bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com