Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mudik Bersama BUMN 2024, Jasa Raharja Berangkatkan 7.600 Pemudik KA dari Stasiun Senen

Kompas.com - 08/04/2024, 20:16 WIB
Nethania Simanjuntak,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jasa Raharja menggelar pelepasan para pemudik yang ikut dalam program “Mudik Bersama BUMN 2024” tahap pertama dengan moda kereta api, di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

 

Pada pelepasan tahap pertama itu, terdapat 7.600 penumpang dengan tujuan stasiun Surabaya, Malang, Blitar, Solo, dan Yogyakarta yang sudah diberangkatkan oleh Jasa Raharja.

Pelepasan mudik moda kereta api ini dilakukan oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Edi Eko Cahyono, Direktur Utama (dirut) Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Direktur Pengelolaan Prasarana Kereta Api Indonesia (KAI) Heru Kuswanto, Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, dan Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN I Gede Arimbawa Yasa.

Rivan menyampaikan, program Mudik Gratis, baik dengan armada bus maupun kereta api merupakan salah satu langkah strategis Jasa Raharja dalam mencegah risiko kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

"Melalui program ini, kami berupaya untuk mengalihkan para pemudik kendaraan roda dua ke moda transportasi yang lebih aman dan nyaman," ujar Rivan melalui siaran persnya, Senin (8/4/2024).

Baca juga: Sambut Idul Fitri 1445 H, Antam Gelar Mudik Bersama BUMN

Rivan menambahkan, terdapat dua tahap dalam memberangkatkan para pemudik dengan moda kereta api. Pemberangkatan tersebut dilakukan di tanggal 2-3 April 2024.

Pada Lebaran 2024 ini, Jasa Raharja menyediakan 26 kereta api dengan total kuota 15.200 penumpang.

Jasa Raharja berharap, dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti program ini, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas selama periode Lebaran bisa terus menurun.

"Tentunya, kami berdoa untuk semua pemudik agar diberikan kesehatan dan keselamatan, sehingga bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Asdep Bidang TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono mengatakan, program Mudik Bersama BUMN merupakan komitmen Kementerian BUMN dan BUMN melalui program TJSL.

Baca juga: Mudik Bersama BUMN 2024, Masih Ada Banyak Kuota Mudik Gratis Kapal Laut dan Bus

“Melalui kegiatan ini, Kementerian BUMN dapat konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik. Saya harap bisa menciptakan perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik,” ujar Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com