Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puji Sikap Surya Paloh yang Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Golkar: Budaya Kesatria

Kompas.com - 21/03/2024, 18:31 WIB
Tatang Guritno,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Maman Abdurrahman memuji sikap Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh yang telah menerima hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Termasuk, ucapan selamat yang disampaikan Surya Paloh atas hasil yang diraih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Ini menurut saya sebuah langkah positif, ada sebuah tren positif, budaya sportifitas, budaya kesatria yang dimiliki saudara-saudara kita, rekan-rekan kita Partai Nasdem,” ujar Maman dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

“Yang kemarin, kita ketahui melalui Pak Surya Paloh, beliau menyatakan menerima hasil pemilu dan menerima hasil pilpres berdasarkan dari (penghitungan suara) KPU (Komisi Pemilihan Umum),” katanya lagi.

Baca juga: PBNU Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Gus Yahya: Kami Tunggu Waktu Perkuat Kerja Sama

Dia berharap, sikap Nasdem dan Surya Paloh bisa diikuti oleh para pihak yang lain. Sebab, kontestasi tidak berjalan selamanya.

Menurut Maman, sikap menerima kekalahan harus dimiliki siapa pun yang berani mengikuti kontestasi.

“Kami angkat topi kepada Partai Nasdem dan itu langkah positif yang perlu kita tiru sebagai anak bangsa di Indonesia ini dan mudah-mudahan tradisi positif ini nanti bisa juga diikuti pada saat kontestasi pilkada kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyatakan belum mengetahui apakah sikap Surya Paloh itu merupakan tanda bahwa Nasdem membuka peluang untuk bergabung pada pemerintahan ke depan.

Di sisi lain, keputusan untuk menerima partai politik (parpol) di luar pengusung Prabowo-Gibran mesti dibicarakan lebih dulu dengan ketua umum parpol yang menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Baca juga: Tertawa Ditanya Isu Jadi Ketum Golkar, Jokowi: Saya Sementara Ketua Indonesia Saja

Meski begitu, Doli menekankan bahwa Prabowo memiliki semangat untuk mengajak semua pihak berkontribusi dalam pemerintahan mendatang.

“Bahkan, secara spesifik Pak Prabowo mengatakan beliau menerima parpol-parpol atau kader-kader terbaik dari (pengusung capres-cawapres) 01 atau 03 untuk bisa bergabung,” kata Doli.

Diketahui, Surya Paloh memberikan selamat pada Prabowo-Gibran dan menyatakan menerima hasil pemilihan legislatif (pileg).

Meski begitu, dia menggarisbawahi masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan kontestasi elektoral tersebut.

“Dengan catatan berbagai kekurangan, berbagai hal-hal yang perlu kita perbaiki, kita harus perbaiki. Itulah sikap Nasdem,” ujar Surya Paloh pada Rabu (20/3/2024) malam.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: PDI-P Raih Suara Terbanyak Pileg DPR 2024, Disusul Golkar dan Gerindra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com