Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Usut Surat Suara yang Diklaim Telah Tercoblos di Taipei

Kompas.com - 20/01/2024, 06:07 WIB
Vitorio Mantalean,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) disebut akan mengusut dugaan surat suara telah tercoblos di Taipei. Peristiwa ini viral melalui sebuah rekaman video di media sosial baru-baru ini.

"Sudah dilakukan klarifikasi penelusuran antara PPLN di Taipei dengan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) di Taipei," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan, Jumat (19/1/2024).

Hasyim mengatakan, penelusuran ini akan dilakukan kepada pemilih yang bersangkutan untuk memastikan apakah memang betul surat suara yang dikirim melalui pos tersebut sudah tercoblos ketika dibuka dari amplopnya.

Baca juga: Soal Video Surat Suara Tercoblos di Taiwan, Bawaslu: Akan Ditelusuri, Laporkan Saja

Menurut Hasyim, jika memang itu yang terjadi, maka surat suara tersebut dikategorikan sebagai surat suara rusak dan KPU melalui PLN akan memberikan surat suara baru sebagai penggantinya.

"Nanti kalau sudah ada hasilnya akan dilaporkan oleh teman-teman PPLN dan Panwaslu dan bisa dirilis kepada teman-teman media, karena (saat ini) sedang ditelusuri dulu," ujar Hasyim.

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI masih meragukan kebenaran video viral surat suara telah tercoblos di luar negeri, tetapi mengaku akan tetap menelusuri kasus tersebut.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, mengaku baru mengetahui video tersebut.

“Belum ada laporan, coba kita telusuri, ini orang-orangnya kan, nanti bisa kelihatan kok. Kita akan telusuri,” kata Bagja kepada wartawan, Jumat (19/1/2024).

"Pas dia buka itu sudah (tercoblos)? Kan enggak klir. Mereka laporkan saja kalo sudah tercoblos,” ujarnya lagi.

Baca juga: Tanggapi Surat Suara Tercoblos di Taipei, Ganjar: Rasanya Agak Lucu, Ya...

Bagja mengaku perlu menelusuri karena video itu tidak menampilkan amplop surat suara tersebut masih dalam keadaan tersegel.

"Kita terima surat suara, kita coblos sendiri, kemudian kita bilang ini sudah tercoblos, bisa juga kan, atau sebaliknya memang benar,” katanya.

"Masih ada amplopnya? Proses dari amplop membuka itu terekam tidak?" ujar Bagja lagi.

Dalam video viral di media sosial itu, disebutkan bahwa peristiwa surat suara yang diklaim telah tercoblos itu terjadi di Taipei.

Surat suara itu dikirim via pos. Dalam satu amplop, terdapat sepasang surat suara, yaitu surat suara pilpres dan surat suara pileg daerah pemilihan (dapil) Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Pusat, dan luar negeri.

Kemudian, orang dalam video itu menunjukkan adanya lubang di kolom surat suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, serta lubang coblosan di kolom surat suara PDI-P pada baris calon anggota legislatif (caleg) Once Mekel.

Baca juga: Insiden Surat Suara Pemilu 2024 Sudah Tercoblos di Taipei Dianggap Bisa Merusak Kepercayaan Publik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com