Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Muhammad Sufyan Abd
Dosen

Dosen Digital Public Relations Telkom University, Lulusan Doktoral Agama dan Media UIN SGD Bandung. Aktivis sosial di IPHI Jabar, Pemuda ICMI Jabar, MUI Kota Bandung, Yayasan Roda Amal & Komunitas Kibar'99 Smansa Cianjur. Penulis dan editor lebih dari 10 buku, terutama profil & knowledge management dari instansi. Selain itu, konsultan public relations spesialis pemerintahan dan PR Writing. Bisa dihubungi di sufyandigitalpr@gmail.com

Analisis "Public Speaking" Debat Capres Ketiga

Kompas.com - 08/01/2024, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DEBAT ketiga yang diikuti tiga calon presiden (capres), Minggu (7/1/2024) malam, menjadi peneguh saja atas tiga warna yang dari semula mau diusung ketiga paslon. Tak ada yang benar-benar baru. Mengapa demikian?

Pada bagian pertama debat, saat pemaparan visi misi, konsistensi pesan dan gaya terus dipertahankan oleh capres nomor satu Anies Baswedan dan nomor tiga Ganjar Pranowo.

Terutama Anies, pesan perlunya perubahan dan sikap oposisi, dengan menajamkan hingga mengubah kebijakan eksisting kembali disuarakannya. Baik di sepanjang narasi dan terutama punch line di akhir segmen bagiannya.

Anies akan banyak diingat semalam, terutama ketika berkali-kali mengkritisi langkah yang dilakukan capres nomor urut dua Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan, serta langkah yang dilakukan Presiden Jokowi (sebagai endorser No 2) dalam bidang hankam dan hubungan internasional.

Kementerian Pertahanan yang punya anggaran jumbo, tapi malah kena peretasan pada 2023, lalu tanah jumbo 340.000 hektare, serta dinilai gagal dengan program food estate-nya.

Selain itu, kebijakan hankam dan luar negeri Presiden Jokowi yang sekadar hadir di forum internasional, namun tidak memberikan warna signifikan pengaruh ke negara maupun kawasan negara lainnya.

Ganjar, kalau kita ingat-ingat lagi dari debat capres perdana, selalu menekankan suara rakyat arus bawah senapas dengan jargon PDI-P sebagai partai wong cilik.

Jadi, bahasan apapun yang sifatnya global, modern, dan kekinian, selalu dikaitkan dengan aspirasi masyarakat bawah sebagai penerima dampak pelaksanaan kebijakan level atas itu.

Tak ketinggalan, konsistensi memperjuangkan Palestina serta best practise sebagai anggota dewan dan gubernur total 20 tahun, juga disampaikan kembali.

Sementara Prabowo, dalam amatan penulis, seharusnya bisa lebih bernas dan show off karena selama ini pelaku utama dalam melaksanakan kebijakan Indonesia dalam bidang hankam dan politik luar negeri.

Namun, pilihan katanya cenderung datar memberitahukan yang sudah pasti akan dilakukan seorang menteri pertahanan. Seperti membacakan deretan program, tapi tidak menukik dari sisi how dan why.

Bahkan, di beberapa fragmen cenderung lebih terpancing emosinya pada "tonjokan" yang sebelumnya dilancarkan Anies.

Pada bagian segmen berikutnya, sikap konsisten tak berhenti dilakukan terutama oleh Anies. Kritikan tajam dengan pilihan kata lugas, kalau meminjam istilah Gen Z, senjata Ulti-nya terus dilancarkan ke Prabowo.

Ulti yang diberikan relatif tidak membabi-buta karena mayoritas berbasis data dan informasi. Terbukti beberapa serangan yang bisa dengan mudah dicari datanya di Google, seperti soal pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bekas.

Sesekali ada juga, Abah Owl, sapaan Anies dari Gen Z sekarang, mengkritisi Ganjar, tapi dengan intensi dan spektrum pertanyaan lebih soft, sehingga relatif tidak ada dinamika menghangat antara keduanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com