Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubir KPK Benarkan SYL Diperiksa Penyidik Polda Metro Jaya di Bareskrim Polri

Kompas.com - 31/10/2023, 12:40 WIB
Syakirun Ni'am,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri membenarkan informasi tentang eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diperiksa penyidik Polda Metro Jaya di gedung Bareskrim Mabes Polri, pada hari ini, Selasa (31/10/2023).

"Informasi yang kami terima, iya betul," kata Ali Fikri saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Teka-teki Pertemuan Frli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di Kertanegara

Adapun Syahrul saat ini tengah menjadi tahanan KPK karena kasus dugaan pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Polda Metro Jaya meminta keterangan Syahrul terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK yang terhadap dirinya.

Ali mengatakan, penyidik KPK juga tengah mengurus administrasi untuk keperluan pemeriksaan Syahrul oleh penyidik Polda Metro Jaya

"Diperiksa hari ini di Bareskrim Polri," ujar Ali.

Diberitakan sebelumnya, Perkara dugaan pemerasan terhadap Syahrul di Polda Metro Jaya naik ke tahap penyidikan pada 6 Oktober 2023.

Polisi menyebut, foto pertemuan Syahrul dengan Ketua KPK Firli Bahuri di tepi lapangan badminton menjadi salah satu materi gelar perkara.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Bertemu SYL di Rumah Kertanegara

Sejauh ini, polisi telah memeriksa lebih dari 50 orang saksi, termasuk Firli Bahuri dan ajudannya yang kini sudah ditarik ke Polri, Kevin Egananta Joshua.

Penyidik juga telah memeriksa Firli pada 24 Oktober lalu di Bareskrim Polri. Dua hari berikutnya, mereka menggeledah rumah Firli di Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat dan rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Rumah di Kertanegara itu menjadi sorotan karena tidak tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Firli.

Pengacara Firli, Ian Iskandar mengeklaim rumah itu digunakan sebagai tempat istirahat. Namun, rumah itu diduga menjadi tempat pertemuan Firli dengan Syahrul.

Saat ditemui pada Minggu (29/10/2023), Firli membantah bertemu dengan Syahrul di rumah Kertanegara. Ia mengaku rumah itud gunakan ketika dirinya sedang ada giat di Jakarta.

Namun demikian, satu hari berikutnya, Syahrul membenarkan dirinya bertemu Firli di rumah Kertanegara. Dia mengatakan itu usai diperiksa KPK.

"Iya, tanya Polda, tanya Polda,” kata Syahrul saat baru masuk ke mobil Toyota Innova hitam yang membawanya kembali ke rumah tahanan (Rutan), Senin (30/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com