Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Xi Jinping, Jokowi Minta China Perlebar Akses Pasar Produk Indonesia

Kompas.com - 27/07/2023, 22:40 WIB
Ardito Ramadhan,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk membuka akses pasar yang lebih besar bagi produk-produk Indonesia.

Permintaan ini disampaikan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Chengdu, Kamis (27/7/2023) sore waktu setempat.

"Dalam pertemuan, Bapak Presiden meminta akses pasar yang lebih banyak di RRT bagi produk-produk Indonesia," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan pers, Kamis.

Retno mengatakan, Jokowi juga menyambut baik penandatanganan protokol impor China atas produk-produk dari Indonesia, seperti tepung porang dan bubuk tabasyir.

Baca juga: PDI-P Tak Masalah Jokowi Lengket dengan Prabowo asalkan Bukan dalam Kontes Pilpres

Presiden Jokowi juga disebut mendorong pembaruan protokol dan peningkatan impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk hasil laut Indonesia.

Retno Marsudi mengatakan, upaya meningkatkan akses ekspor Indonesia ke China terus dilakukan karena negeri tirai bambu tersebut adalah mitra dagang terbesar Indonesia.

Ia mengungkapkan, nilai perdagangan antara Indonesia dan China pada 2022 mencapai lebih dari 133 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

"Beberapa tahun terakhir neraca perdagangan Indonesia-RRT semakin seimbang bahkan tahun ini Indonesia mulai surplus," kata Retno Marsudi.

Baca juga: Bertemu di Chengdu, Jokowi-Xi Jinping Bahas Kerja Sama Pembangunan IKN

Retno mengatakan, pembahasan ekonomi dalam pertemuan bilateral antara Jokowi dan Xi Jinping mengutamakan kerja sama yang saling menguntungkan, mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal, serta bersahabat dengan lingkungan.

Untuk diketahui, pertemuan bilateral dengan Xi Jinping adalah agenda pertama yang dijalani Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Chengdu.

Pada Jumat (28/7/2023) besok, Jokowi dijadwalkan menghadiri beberapa pertemuan bisnis dengan berbagai investor serta menghadiri pembukaan FISU World University Games.

Baca juga: Di Depan Relawan Jokowi, Gibran Akui Sering Ditarik Sana-sini Terkait Pilpres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com