Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBNU: Banyak Warga NU Inginkan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar

Kompas.com - 26/04/2023, 11:44 WIB
Singgih Wiryono,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan, banyak warga NU menginginkan Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Capres PDI-Perjuangan Ganjar Pranowo.

Gus Ipul mengaku, mendapat banyak pesan dari masyarakat NU terkait hal tersebut.

"Banyak warga NU memang menginginkan Erick Thohir (menjadi cawapres Ganjar). Itu bisa dilihat dari hasil survei yang kita baca," ujar Gus Ipul dalam keterangan tertulis, Rabu (26/4/2023). 

Baca juga: Disebut Layak Dampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Saya Ikut Keputusan Partai Golkar

Alasan warga NU menginginkan hal tersebut karena Erick Thohir sebagai Steering Committe 1 Abad NU dinilai berhasil merangkai acara tersebut dengan meriah.

"Sehingga menjadikan banyak warga maupun tokoh-tokoh NU menginginkan Erick Thohir bisa mendampingi Pak Ganjar dan ditawarkan ke publik," ucap dia.

Menurut Gus Ipul, Ganjar-Erick merupakan pasangan ideal yang bisa ditawarkan ke publik dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"Ganjar dengan pengalaman birokrasinya yang telah dua periode memimpin Jawa Tengah dipadukan dengan Erick yang merupakan tokoh muda yang memiliki visi kuat sangat cocok," ucap dia.

Namun tidak hanya Erick, politikus PDI-P ini juga menyebut dua tokoh NU lain yang dinilai pas menjadi cawapres Ganjar.

Baca juga: Soal Cawapres Ideal buat Ganjar, PAN Singgung Kedekatan dengan Erick Thohir

Dua tokoh tersebut adalah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengan sebagai calon presiden untuk mengikuti Pilpres 2024.

Hal tersebut ditetapkan dan diumumkan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Dalam acara ini hadir Presiden Joko Widodo serta sejumlah elite PDI-P, antara lain Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, Prananda Prabowo, Olly Dondokambey, dan Pramono Anung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com