Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Cawapres Ideal buat Ganjar, PAN Singgung Kedekatan dengan Erick Thohir

Kompas.com - 26/04/2023, 07:18 WIB
Fitria Chusna Farisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyinggung nama Menteri BUMN Erick Thohir ketika ditanya soal calon wakil presiden (cawapres) yang menurutnya ideal untuk dipasangkan dengan Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Dia bilang, PAN punya kedekatan tersendiri dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu.

“Kalau dari pemerintahan saya selalu ke mana-mana sama Pak Erick Thohir. Kami sudah begitu dekat, ke mana-mana acara PAN Pak Erick selalu tampil, selalu ada. Jadi punya kedekatan tersendiri,” kata Zulhas, demikian sapaan akrab Zulkifli, dikutip dari Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Dukungan Partai Lain untuk Ganjar di Tengah Dinamika Politik yang Bergerak Cepat

Zulhas juga sempat menyinggung nama-nama ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono, dan dirinya sendiri sebagai Ketum PAN.

Menteri Perdagangan itu juga menyebut sejumlah nama yang sebelumnya disebutkan Presiden Joko Widodo sebagai kandidat cawapres potensial seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Namun demikian, Zulhas kembali menegaskan nama Erick Thohir. Dia bahkan menyinggung dukungannya untuk Ganjar-Erick yang pernah disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) PAN pada Februari lalu, sebelum Ganjar resmi diumumkan sebagai capres oleh PDI Perjuangan.

“Kalau PAN ditanya gimana, ya saya punya kedekatan khusus dengan Pak Erick Thohir,” ujarnya.

Meski begitu, Zulhas mengaku bakal mengikuti arahan Jokowi terkait dukungan terhadap kandidat capres dan cawapres. Dia bilang, pasangan capres cawapres yang didukung PAN pada dua kali pemilu lalu kalah dalam pertarungan.

Pada pilpres kali ini, PAN tak mau kalah lagi. Dia yakin, pasangan capres cawapres yang didukung Jokowi bakal memenangkan kontestasi pemilihan mendatang.

Oleh karenanya, partai matahari putih itu bakal mendukung paslon yang didukung Jokowi pada Pemilu 2024.

Baca juga: Ganjalan Besar Wacana Duet Ganjar dan Prabowo di Pilpres 2024...

“Orang bilang ketua umum partai kok nggak mandiri? Bukan, saya bilang, saya pernah dua kali (pemilu) belum menang. Nah, Pak Presiden kita ini, Pak Jokowi ini kan punya insting yang tajam,” kata Zulhas.

“Saya nggak mau kalah lagi nanti. Saya penginnya yang saya dukung menang. Oleh karena itu pada akhirnya nanti saya akan ikut Pak Jokowi,” tuturnya.

Zulhas pun melempar sinyal keinginan berkoalisi dengan PDI-P untuk mengusung Ganjar sebagai calon RI-1. Dia berharap, enam partai pendukung pemerintahan Jokowi kini dapat kembali bekerja sama pada pemilu mendatang.

“Saya ingin tentu pertama komitmen kebangsaan itu, partai-partai pendukung Pak Jokowi kan ada PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, PAN, PPP. Itu syukur-syukur bisa bareng-bareng,” katanya.

Baca juga: Proyeksi Peta Politik setelah PDI-P Usung Ganjar Pranowo: Akan Ada 2, 3, atau 4 Koalisi?

Sebagaimana diketahui, Ganjar Pranowo resmi diumumkan PDI Perjuangan sebagai capres Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Pada jam 13.45, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai, untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Meski telah mengumumkan nama capres, PDI-P belum berkoalisi dengan partai mana pun. Cawapres Ganjar pun masih jadi tanda tanya hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com