Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan: Menang Pileg dan Pilpres 2024 hanya Akan Terjadi kalau Kita Solid

Kompas.com - 09/01/2023, 18:17 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengatakan, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menugaskan dan menetapkan target agar partainya menang hattrick atau ketiga kali pada Pemilu 2024.

Dia mengatakan, PDI-P bisa menang pada pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) asalkan seluruh kadernya solid.

"Menang hattrick tiga kali, menang Pileg dan Pilpres 2024. Itu hanya akan terjadi kalau kita solid," kata Puan dalam pidatonya di acara Bimtek Anggota DPRD Kabupaten Kota Fraksi PDI-P Seluruh Indonesia, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Ditanya soal Waktu Deklarasi Capres PDI-P, Puan Maharani: Semua Deg-degan Ya...

Oleh karena itu, dia mengatakan, PDI-P akan mengoptimalisasi tiga pilarnya, yang berada di eksekutif, legislatif dan struktur partai, untuk memenangkan Pemilu 2024 dengan cara terus membantu rakyat secara langsung.

"Gotong royong tiga pilar, yang eksekutif bisa gunakan APBD nya itu untuk program-program kerakyatan. Turun ke lapangan. Yang legislatif pun harus seperti itu," jelasnya.

"Programnya harus turun dari sekarang, sekarang, sekarang. Tidak ada waktu lagi untuk kemudian menunda-nunda kalau kita memang berkeinginan untuk menang lagi," tambah dia.

Baca juga: PAN: Kalau Mas Hasto Bilang Ada Kejutan, Bisa jadi PDI-P Akan Umumkan Capres

Ketua DPR RI itu juga meyakini, elektabilitas PDI-P akan tetap berada di posisi teratas pada Pemilu 2024.

Seandainya mengalami penurunan, ia meyakini, elektabilitas partai berlambang banteng moncong putih itu tak akan berada di bawah 20 persen.

"Tapi ini merupakan tantangan bagi kita. Bukan kemudian kita bersenang-senang, diam saja, tiduran, enggak turun ke bawah, tidak bertemu dengan rakyat, kemudian bersenang-senang dengan diri kita saja. Bukan," tegas Puan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com