Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Sebut Testing dan Vaksinasi Covid-19 Lansia di DKI Tertinggi Dibandingkan Provinsi Lain

Kompas.com - 28/05/2021, 15:11 WIB
Fitria Chusna Farisa,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, angka tes Covid-19 di DKI Jakarta menjadi yang tertinggi dibanding 33 provinsi lainnya di Indonesia.

Tingginya angka pengetesan, kata dia, sangat penting dalam penanganan pandemi virus corona.

"Untuk urusan testing saya lihat dari seluruh provinsi, DKI yang paling banyak," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Kementerian Kesehatan, Jumat (28/5/2021).

Selain itu, DKI Jakarta juga menjadi provinsi yang mencatatkan angka vaksinasi Covid-19 terbanyak selain DI Yogyakarta dan Bali.

Bahkan, angka vaksinasi terhadap lansia di Ibu Kota Negara sudah lebih dari 60 persen. Dibanding provinsi lainnya, DKI menjadi provinsi tercepat.

Baca juga: Menkes Sebut DKI Salah Satu Provinsi Terbaik dalam Penanganan Pandemi

Budi amat mengapresiasi hal tersebut lantaran lansia merupakan kelompok yang rentan mengalami kematian akibat virus corona.

"Di DKI itu yang paling tinggi, lebih dari 60 persen. Kalau sekarang mungkin udah 65 persen atau lebih yang sudah divaksinasi," ujarnya.

Selain testing dan vaksinasi, Budi menyebut tracing dan isolasi mandiri juga penting sangat penting dalam penanganan pandemi. Selain itu, kesiapan rumah sakit dan strategi perawatan pasien juga menjadi hal utama.

Secara umum, ia menilai pemerintah provinsi DKI sudah cukup baik dalam menyelenggarakan hal-hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi.

Meskipun menjadi daerah yang paling terdampak virus corona, kata dia, DKI menjadi salah satu provinsi terbaik dalam penanganan wabah Covid-19.

Budi pun berterima kasih kepada pemerintah provinsi, para pimpinan rumah sakit, puskesmas, hingga jajaran tenaga kesehatan di wilayah Ibu Kota.

Baca juga: Soal Nilai E untuk Pemprov DKI, Menkes Budi Gunadi Minta Maaf

Ia juga meminta seluruh daerah bekerja sama dalam penanganan pandemi, mulai dari pemerintah pusat, daerah, organisasi sosial, dan seluruh warga.

"Jadi kuncinya yang saya lihat adalah bagaimana kita bisa membangun, merajut satu kerja sama yang baik antara semua komponen yang ada di satu negara," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com