Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Sediakan GeNose C19 di Gedung Bioskop

Kompas.com - 09/03/2021, 17:20 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menyediakan GeNose C19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) di gedung-gedung bioskop.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, terkait rencana itu, ia sedang berbicara dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Jadi saya sudah ada pembicaraan dengan Menparekraf untuk pengamanan bioskop (dari Covid-19) nanti akan ada dipasang GeNose untuk gedung-gedung bioskop," kata Muhadjir saat menghadiri kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi aktor dan aktris film Indonesia yang berusia di atas 60 tahun, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Wapres Sebut GeNose merupakan Inovasi Anak Bangsa yang Harus Didukung

Meskipun secara teknis masih dibicarakan, kata dia, ide tersebut muncul agar ada rasa aman, baik bagi masyarakat maupun para pelaku industri perfilman.

Dengan demikian, produktivitas para insan perfilman di Tanah Air tetap berjalan meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Maksud kami agar masyarakat datang ke bioskop dengan aman sehingga industri film, artis, para pelaku film juga bisa bekerja lebih aman, nyaman dan produktivitasnya bisa lebih lancar," ujar dia.

Muhadjir mengatakan, para insan perfilman Indonesia juga akan mendapatkan prioritas untuk diberikan vaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 bagi para insan film di Tanah Air menurut dia, merupakan salah satu upaya untuk menghentikan pandemi sekaligus menghidupkan industri film nasional.

"Karena ini (vaksinasi) bagian tak terpisahkan dalam upaya kita segera menghentikan wabah Covid ini sekaligus untuk menghidupkan industri perfilman nasional kita," kata Muhadjir.

Baca juga: GeNose Berlaku 1 April di Bandara Soekarno-Hatta, AP II Masih Lakukan Persiapan

Para aktris dan aktor film senior di atas 60 tahun pun menjadi salah satu yang divaksinasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Nantinya, para pelaku industri film yang berusia muda akan diberikan hal yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com