Ridwan Kamil Akan Terbebani dan "Tersandera" dengan Citra Golkar - Kompas.com

Ridwan Kamil Akan Terbebani dan "Tersandera" dengan Citra Golkar

Moh. Nadlir
Kompas.com - 15/11/2017, 16:09 WIB
Ridwan Kamil menerima surat rekomendasi yang diberikan Partai Golkar secara resmi untuk maju di Pilkada Jawa Barat.KOMPAS.com/Rakhmat Nur Hakim Ridwan Kamil menerima surat rekomendasi yang diberikan Partai Golkar secara resmi untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai, bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan terbebani dan tersandera dengan citra Golkar yang saat ini tengah menjadi sorotan.

Menurut Hendri, Golkar kini tengah disoroti terkait status Ketua Umumnya, Setya Novanto, yang kembali menjadi tersangka kasus e-KTP dan keterlibatan sejumlah politisinya dalam kasus korupsi. 

"Ridwan Kamil seperti tersandera Golkar saat ini. Padahal sesungguhnya Emil (Ridwan Kamil) tak terlalu membutuhkan Golkar untuk maju ke Pilgub Jawa Barat," ujar Hendri, melalui pesan singkat, Rabu (16/11/2017).

Baca: Didesak Golkar Tentukan Cawagub, Ridwan Kamil Bilang Tunggu Musyawarah

Ia menilai, dukungan Golkar kepada Wali Kota Bandung itu justru memperberat beban Ridwan Kamil dalam memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018. 

Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri SatrioKOMPAS.com/Nabilla Tashandra Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio
Apa yang terjadi pada Golkar akan turut memengaruhi persepsi publik terhadap Ridwan Kamil.

"Bergabungnya Golkar di gerbong Emil mengakibatkan Emil juga harus menanggung beban citra Golkar yang sedang merosot akibat kadernya yang terlalu banyak berurusan dengan KPK," kata Hendri.

Oleh karena itu, menurut dia, Ridwan Kamil harus memikirkan strategi untuk membebaskan diri dari citra negatif terhadap partai berlambang pohon beringin itu. 

Baca juga: Nasdem Minta Parpol Tak Recoki Ridwan Kamil dalam Memilih Cawagub

"Emil harus tampil elegan dengan membebaskan diri dari citra Golkar yang grafiknya sedang menurun. Apalagi Emil sudah mengantongi dukungan cukup dari Nasdem, PPP, dan PKB," ujar dia.

Setelah mendeklarasikan dukungan, Golkar menduetkan Emil bersama kadernya, Daniel Muttaqien, pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Selain Golkar, tiga partai lain yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah terlebih dulu mendukung Emil.

Kompas TV Kader Partai Golkar di Bandung, Jawa Barat, menolak keputusan dewan pimpinan pusat Golkar yang mendukung Ridwan Kamil, sebagai bakal calon gubernur, Jawa Barat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMoh. Nadlir
EditorInggried Dwi Wedhaswary
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM