Salin Artikel

Ridwan Kamil Akan Terbebani dan "Tersandera" dengan Citra Golkar

Menurut Hendri, Golkar kini tengah disoroti terkait status Ketua Umumnya, Setya Novanto, yang kembali menjadi tersangka kasus e-KTP dan keterlibatan sejumlah politisinya dalam kasus korupsi. 

"Ridwan Kamil seperti tersandera Golkar saat ini. Padahal sesungguhnya Emil (Ridwan Kamil) tak terlalu membutuhkan Golkar untuk maju ke Pilgub Jawa Barat," ujar Hendri, melalui pesan singkat, Rabu (16/11/2017).

Baca: Didesak Golkar Tentukan Cawagub, Ridwan Kamil Bilang Tunggu Musyawarah

Ia menilai, dukungan Golkar kepada Wali Kota Bandung itu justru memperberat beban Ridwan Kamil dalam memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018. 

"Bergabungnya Golkar di gerbong Emil mengakibatkan Emil juga harus menanggung beban citra Golkar yang sedang merosot akibat kadernya yang terlalu banyak berurusan dengan KPK," kata Hendri.

Oleh karena itu, menurut dia, Ridwan Kamil harus memikirkan strategi untuk membebaskan diri dari citra negatif terhadap partai berlambang pohon beringin itu. 

"Emil harus tampil elegan dengan membebaskan diri dari citra Golkar yang grafiknya sedang menurun. Apalagi Emil sudah mengantongi dukungan cukup dari Nasdem, PPP, dan PKB," ujar dia.

Setelah mendeklarasikan dukungan, Golkar menduetkan Emil bersama kadernya, Daniel Muttaqien, pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Selain Golkar, tiga partai lain yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah terlebih dulu mendukung Emil.

https://nasional.kompas.com/read/2017/11/15/16095581/ridwan-kamil-akan-terbebani-dan-tersandera-dengan-citra-golkar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke