Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai Partai Menengah, PAN Yakin Wacana Calonkan Zulkifli Hasan Realistis

Kompas.com - 22/08/2017, 21:26 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan menilai, usulan pencalonan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai bakal capres atau cawapres pada Pemilihan Presiden 2019 merupakan sesuatu yang realistis.

Menurut dia, sebagai partai menengah, PAN memiliki posisi yang strategis sehingga mampu menentukan peta perpolitikan nasional.

Saat ditanya apakah wacana tersebut didukung oleh pertimbangan yang rasional seperti survei elektabilitas, Taufik mengatakan, PAN pasti akan melakukan hal tersebut.

"Ya artinya hal-hal secara teknis sudah dilakukan. Tapi itu kan konsumsi internal, jadi secara analisis dan logic ya rasional," ujar Taufik, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/8/2017).

Baca: Soal Pilpres, Zulkifli Hasan Tak Bermimpi Jadi Capres atau Cawapres

Menurut dia, Zulkifli merupakan sosok yang lengkap sebagai mantan menteri, anggota DPR, dan kini menjabat Ketua MPR.

"Harapan semuanya PAN ini Insya Allah amanah akan bekerja step by step bisa melakukan yang terbaik untuk pilpres," lanjut dia.

Ketua Operating Committee (OC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN Yandri Susanto, mengungkapkan keinginan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN untuk mengusung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Pilpres 2019.

Namun, belum dipastikan apakah Zul, sapaan akrab Zulkifli Hasan, akan diusung sebagai capres atau cawapres. 

Kompas TV Meski masih dua tahun lagi, partai politik mulai pamer dukungan ke sejumlah kandidat calon presiden. Murni dukungan atau ada kepentingan?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com