Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Asrama Haji, Jokowi Cerita Pertemuannya dengan Raja Salman

Kompas.com - 25/03/2017, 11:23 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Asrama Haji di kawasan Masjid Agung Nur Alannur, Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu (25/3/2017) pagi.

"Asrama haji pertama yang ingin kita mulai pada pagi ini. Semoga nantinya bermanfaat bagi seluruh calon jamaah haji maupun jamaah haji yang pulang dari tanah suci," kata Presiden seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Presiden lalu menceritakan pertemuannya dengan Raja Salman Bin Abdul Aziz saat ia berkunjung ke Arab Saudi dua tahun yang lalu. Saat itu Jokowi meminta penambahan kuota haji dan dikabulkan.

"Alhamdulillah tahun ini tidak hanya tambahan kuota 10.000 tapi juga tambahan pengembalian pada saat yang lalu kita dikurangi," ucap Presiden.

(Baca juga: Kepada Raja Salman, Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kuota Haji Ditambah )

Tahun 2017 ini, Indonesia mendapat tambahan kuota sebesar 52.200 dimana sebanyak 10.000 merupakan tambahan kuota dan 42.200 merupakan tambahan pengembalian kuota. Dengan begitu, total kuota haji menjadi 221.000 dari sebelumnya 168.800.

"Ini tambahan yang sangat besar sekali hampir 30 persen," kata Presiden.

Jokowi mengatakan, penambahan kuota ini merupakan sebuah kewajaran karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Dan tentu saja supaya tidak lama-lama orang untuk menunggu naik haji," ucap Presiden.

Tampak hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Baca juga: Jokowi Telepon Raja Salman Sampaikan Selamat Jalan

Kompas TV Ongkos Naik Haji 2017 Ditetapkan Rp 34,9 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com