Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang La Nyalla untuk Beli Saham Berasal dari Rekening Kadin di Bank Jatim

Kompas.com - 05/10/2016, 19:18 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uang yang digunakan mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti, untuk membeli saham perdana Bank Jatim, disebut berasal dari rekening Kadin di Bank Jatim.

Uang tersebut ditransfer dari rekening Kadin ke rekening pribadi La Nyalla di bank yang sama.

"Untuk pembelian Initial Public Offering (IPO), berdasarkan data kami, itu berasal dari BPD Jatim (Bank Jatim). Nilainya ada, dana itu untuk nama La Nyalla Mattalitti," ujar Kepala Divisi Kepatuhan Mandiri Sekuritas RM Omar Yusuf saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Menurut Omar, saat pertama kali membuka rekening, semua nasabah akan ditanyakan seputar sumber dana dan penghasilan, dan diminta menyebutkan nilai besarannya.

Sementara, untuk pembelian saham oleh La Nyalla, menurut Omar, uang ditransfer dari rekening di Bank Jatim.

Berdasarkan surat dakwaan jaksa penuntut umum, pada 11 Juni 2012, La Nyalla menandatangani aplikasi pembukaan rekening tabungan Bank Jatim di Kantor Cabang Utama Surabaya atas nama pribadi.

Ada kewajiban bagi nasabah yang berminat membeli IPO Bank Jatim, untuk mempunyai rekening di Bank Jatim.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/10/2016). La Nyalla Matalitti ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur tahun 2012 pada 16 Maret 2016.
(Baca: Karyawan Mandiri Sekuritas Benarkan La Nyalla Pernah Jual Saham Bank Jatim)

Selanjutnya, pada 6 Juli 2012, La Nyalla dan Wakil Ketua Kadin Jatim, Diar Kusuma Putra menandatangani Bilyet Giro No. BG069407.

Giro tersebut berisi perintah pembayaran dari penandatangan Bilyet Giro kepada Bank Jatim dengan cara pemindahbukuan dari rekening Giro di Bank Jatim ke rekening pribadi La Nyalla.

Dana Kadin sebesar Rp 5,3 miliar ditransfer ke rekening La Nyalla. Kemudian, La Nyalla memindahbukukan rekening pribadinya di Bank Jatim ke rekening atas nama PT Mandiri Sekuritas Pooling IPO Jatim di Bank Mandiri Cabang Jakarta, Sudirman.

Selanjutnya, pada 11 Juli 2012, melalui PT Mandiri Sekuritas dengan kode nasabah ED 306 atas nama pribadinya, La Nyalla membeli IPO Bank Jatim senilai Rp 5,3 miliar, dan mendapatkan IPO Bank Jatim sejumlah 12.340.500 lembar saham di harga Rp 430 per lembar.

Dalam kasus ini, La Nyalla didakwa melakukan korupsi dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2011 hingga 2014.

Salah satunya, La Nyalla menggunakan dana hibah Kadin sebesar Rp 5,3 miliar untuk membeli saham perdana Bank Jatim. Ia pun mendapat keuntungan sekitar Rp 1,1 miliar atas penjualan saham tersebut.

Kompas TV Hinca Panjaitan Terpilih Jadi Plt Ketum PSSI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com