Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

MPR Goes To Campus, Cari Aspirasi Lampung untuk Haluan Negara

Kompas.com - 21/09/2016, 11:08 WIB
advertorial

Penulis

Ketua MPR Zulkifli Hasan kembali menekankan pentingnya haluan negara untuk pembangunan bangsa yang terarah. Hal tersebut dinyatakan Zulkifli saat membuka diskusi di IAIN Radin Intan, Bandar Lampung, Rabu (21/9/2016).

Zulkifli berharap, Diskusi Kebangsaan MPR Goes To Campus dengan tema Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) menghasilkan gagasan baru untuk bentuk haluan negara yang akan diciptakan.

Kepada mahasiswa dan akademisi IAIN, Zulkifli mengatakan keberadaan haluan negara begitu penting bagi pembangunan bangsa yang terarah dan berkesinambungan. Dengan haluan negara, pembangunan bangsa dapat berjalan komprehensif dan terukur.

Haluan negara harus didasari dengan nilai-nilai luhur empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara, serta dijiwai Pancasila. Apalagi, saat ini keadaannya Indonesia sedang menghadapi tantangan, yakni membangun pemerintahan agar dapat mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kita harus memiliki perencanaan yang baik dan matang untuk melaksanakan pembangunan nasional dengan sebaik-baiknya, kita tidak boleh membiarkan perkembangan dan perubahan masyarakat nasional berjalan sendiri di tengah gempuran globalisasi," ujar Zulkifli.

Nantinya, haluan negara menjadi pemandu arah dan strategi untuk pembangunan nasional.Zulkifli juga menyatakan, kedatangan MPR ke berbagai kampus ditujukan untuk memperoleh pendapat mahasiswa dan akademisi mengenai haluan negara seperti apa yang ideal untuk negeri ini.

"Kita keliling Indonesia datang ke kampus-kampus meminta pendapat seperti apa yang diperlukan haluan negara ini," kata ia. (LM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com