Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabareskrim: Saya Sudah Mempersiapkan Diri untuk Pensiun

Kompas.com - 23/05/2016, 12:41 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Anang Iskandar menganggap masa pengabdiannya untuk institusi Polri sudah cukup.

Anang purna-tugas pada Mei ini setelah usianya genap 58 tahun.

"Saya sudah mempersiapkan diri untuk pensiun. Saya tinggal menunggu kapan keputusan dan menunggu penggantinya saja," ujar Anang di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/5/2016).

Anang mengatakan, penggantinya kelak harus bisa menyelesaikan semua pekerjaan rumah yang dia tinggalkan. Selain itu, orang tersebut harus memiliki kemampuan reserse.

"Kalau pangkatnya bintang dua atau tiga, pasti dicari yang pas. Kami mengusulkan agar dijabat yang profesional," kata Anang.

Namun, Anang enggan menyebut siapa yang dia inginkan untuk menggantikan kedudukannya nanti. Menurut dia, yang terpentung orang tersebut memenuhi syarat dan kualifikasi.

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan, kemungkinan Kabareskrim yang baru akan diganti pekan ini. Beberapa hari yang lalu, Anang genap berusia 58 tahun sehingga memasuki masa pensiun.

Badrodin mengatakan, saat ini sudah ada nama yang digodok oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Namun, belum ditentukan siapa yang akan menggantikan Anang.

"Ada empat atau lima orang (calon)," kata Badrodin.

Menurut Indonesia Police Watch (IPW), empat calon untuk menggantikan posisi Anang, yaitu Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Tito Karnavian, dan Gubernur Akpol Irjen Pol Anas Yusuf.

Kompas TV Kapolri Melantik Kapolda Metro Jaya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com