Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Tinggal 9 Hari, 23 Kepala Daerah Belum Sepenuhnya Cairkan Anggaran

Kompas.com - 30/11/2015, 14:38 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015 tinggal menghitung hari. Namun, sebanyak 23 kepala daerah ternyata belum mencairkan sepenuhnya anggaran penyelenggaraan pilkada.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri pada Senin (30/11/2015), akan memanggil 23 kepala daerah tersebut untuk memberikan penjelasan mengenai terlambatnya pencairan anggaran.

"Secara prinsip, hari ini kita mengundang kembali 23 pejabat dan kepala daerah yang sudah tanda tangan per termin, tapi terhambat, ini kenapa? Anggaran ada, tapi kenapa sampai terhambat?" ujar Tjahjo saat ditemui di Hotel Sahid Jakarta, Senin siang.

Meski demikian, menurut Tjahjo, keterlambatan pencairan tersebut tidak akan sampai mengganggu jalannya pilkada serentak.

Dana yang belum dicairkan tersebut, sebagian besar adalah uang transportasi bagi saksi di tempat pemungutan suara.

"Nanti bisa ditalangi dulu seandainya mepet. Tapi nanti Polri, Jaksa Agung dan Kemendagri akan menyurati kepala daerah, wong sudah tanda tangan NPHD kok dinegosiasi ulang?" kata Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com