Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Perintahkan Jajarannya Awasi Distribusi Pangan

Kompas.com - 19/06/2015, 17:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat kepolisian akan pasang mata mengawasi distribusi pangan di seluruh Indonesia. Hal tersebut menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengancam mafia pangan untuk tidak mempermainkan harga menjelang Lebaran.

Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, Kamis (19/6/2015) kemarin, dia menggelar video conference dengan kepala satuan wilayah setingkat Polda dan Polres se-Indonesia terkait permintaan pengawasan distribusi pangan itu.

"Semua sudah diperintahkan, pantau harga sembako. Kalau harga naik terus, selidiki ada apa," ujar Badrodin di kompleks Mabes Polri, Jumat (19/6/2015).

Badrodin meminta jajarannya di bawah dapat menyelidiki apa penyebab kenaikan harga pangan itu apakah akibat faktor alami atau ada unsur dugaan tindak pidana, misalnya penimbunan atau akibat ulah spekulan.

"Jika terlambat distribusi, cari alasan kenapa bisa terjadi. Kalau penyimpangan lain tentu itu juga wajib diselidiki," ujar Badrodin.

Badrodin mengatakan bahwa kestabilan harga pangan bukan hanya tanggung jawab dari kementerian atau lembaga pemerintah tertentu saja. Polri juga wajib mengawasi jika memang ada dugaan tindak pidana di dalamnya.

Senin (15/6/2015) lalu, Presiden memastikan stok bahan pokok di Indonesia mencukupi. Oleh sebab itu ia mengancam akan mengejar pihak-pihak yang berani mempermainkan harga sehingga menjadi tinggi.

"Beras, gula, daging, bahkan bawang merah itu semua stoknya ada. Oleh sebab itu saya tegaskan, jangan ada yang main-main dengan harga pasar. Saya pastikan akan saya kejar," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com