Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumentasi KTT Asia-Afrika 1955 Diusulkan Jadi Arsip Dunia UNESCO

Kompas.com - 26/05/2015, 12:34 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dokumentasi lahirnya Konferensi Asia-Afrika yang digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 1955 serta dokumentasi terbentuknya Gerakan Non Blok diajukan kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai salah satu arsip dunia.

"Kami mencoba untuk mengusulkan arsip KAA sebagai Memory of World di UNESCO. Kami ingin menghidupkan terus ingatan sejarah bangsa-bangsa internasional, supaya masyarakat internasional tahu bangsa Indonesia besar dan mampu menjadi pemersatu negara-negara," ujar Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan dalam Seminar Internasional di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Mustari mengatakan, kegiatan pengumpulan arsip KAA Asia-Afrika secara khusus mulai dilakukan sejak 2012, sebelum secara resmi didaftarkan sebagai salah satu arsip dunia di UNESCO. Adapun arsip dokumetasi yang dikumpulkan terdiri dari video, surat-surat, kliping media, serta foto dari berbagai media massa yang meliput jalannya KAA pada 18- 24 April 1955.

Pengajuan dokumentasi KAA Asia-Afrika sebagai arsip dunia merupakan bagian dari peringatan 60 tahun KAA dan peringatan ke-44 Hari Kearsipan Nasional. Menurut Mustari, ANRI juga melakukan kerja sama dengan pusat arsip dari sejumlah negara, khususnya untuk membahas kerja sama pengumpulan arsip sebagai suatu dokumentasi internasional.

"Baru sepuluh tahun Indonesia merdeka, kita sudah bisa menyelenggarakan event internasional. Padahal negara-negara Asia-Afrika, saat itu masih dianggap terbelakang," kata Mustari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com