Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIN: 12 WNI di Turki Dideportasi 2-3 Hari Lagi

Kompas.com - 22/03/2015, 16:34 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 12 orang dari 16 warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan di Gaziantep, Turki akan segera dideportasi. Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman mengungkapkan deportasi akan dilakukan 2-3 hari lagi.

"Dideportasi 2-3 hari lagi," kata Marciano di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu (22/3/2015). Dia menjelaskan, total WNI yang dideportasi 12 orang. Sementara 4 orang lagi ditunda pendeportasiannya karena tengah mengandung.

"Nanti nunggu melahirkan, nanti akan keluar (Turki) kalau usia (bayinya) sudah bisa terbang," ujar Marciano.

Marciano mendorong pemerintah untuk segera memberikan sanksi berat terhadap 12 WNI yang segera diterbangkan kembali ke tanah air. "Sudah saatnya kita ambil kebijakan tegas," ucap dia.

Sebanyak 16 WNI ditangkap otoritas Turki di Gaziantep, kota perbatasan Turki dengan Suriah. Mereka ditangkap saat mau menyeberang ke Suriah melalui jalur yang kerap digunakan para pengikut gerakan radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Polisi menduga mereka hendak menyusul suami dan keluarganya yang sudah lebih dulu berada di Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Mayoritas WNI yang ditangkap itu adalah anak-anak. Orang tua mereka sudah menjual hartanya di tanah air. Mereka berusaha mendapat kehidupan yang diyakini lebih baik dengan bergabung bersama ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com