Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Dibanggakan Hatta soal Inovasi saat Jadi Menristek

Kompas.com - 29/06/2014, 22:27 WIB
Ihsanuddin,
Febrian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden Jusuf Kalla menanyakan mengenai inovasi yang diberikan calon wakil presiden Hatta Rajasa saat menjadi menteri riset dan teknologi dalam debat bertemakan Pembangunan SDM dan Iptek.

"Anda kan pernah jadi Menristek, ristek itu inovasi mengembangkan inovasi. Inovasi apa yang begitu menggemberikan, inovasi apa yang terkenang-kenang hingga sekarang?" tanya JK kepada Hatta, dalam debat cawapres yang berlangsung di Gedung Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Dalam jawabannya, Hatta mengatakan, dia telah meletakkan dasar Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada 2002. Hal itu menjadi dasar hukum bagamana pemerintah memberi bantuan dana penelitian kepada swasta dan untuk pemerintah.

Hasilnya adalah beberapa inovasi di bidang pangan seperti padi. "Di bidang pangan, temuan-temuan genetically modified, padi, terutama LIPI dan BPPT, yang bermanfaat," kata Hatta.

"IPB untuk pangan, ITB material dan transport di timur bermanfaat sampai sekarang," ujarnya lagi.

Menanggapi itu, JK kembali berkomentar. "Turut berbangga hasilnya UU, bukan hasil teknologi yang pokok. Inovasi bibit tapi masih impor," jawab JK sedikit menyindir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com