Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Demokrat Siap Jadi Oposisi

Kompas.com - 09/04/2014, 21:31 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, partainya siap menjadi partai pendukung pemerintah ataupun partai oposisi.

"Dua-duanya dimungkinkan. Kami siap di pemerintahan kalau cocok. Tapi kalau cocok di luar pemerintahan, kami siap menjalankan peran sebagai oposisi dalam demokrasi multipartai ini," kata SBY dalam jumpa pers di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Rabu (9/4/2014).

Berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) beberapa lembaga survei dan media, perolehan suara partai pemenang Pemilu 2009 ini merosot. Hasil hitung cepat Kompas, misalnya, menunjukkan perolehan suara partai pemerintah ini mencapai 9,52 persen. Angka ini hampir turun setengahnya dibandingkan hasil perhitungan resmi KPU terhadap hasil Pemilu 2009.

Sejak eksis di Indonesia pada tahun 2004, Partai Demokrat (PD) selalu menjadi partai pemerintah yang mendukung pemerintahan Presiden SBY. Bahkan pada 2009, PD adalah ketua gabungan koalisi parpol pendukung pemerintah.

Selama ini, peran partai oposisi dijalankan oleh PDI Perjuangan, yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com