Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Nelson Mandela Beri Inspirasi untuk Bangun Bangsa

Kompas.com - 06/12/2013, 12:23 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Presiden Boediono menilai Nelson Mandela adalah tokoh luar biasa yang memberi inspirasi bagi semua manusia. Boediono berharap semua warga Indonesia mengambil inspirasi dari perjuangan Nelson.

"Tentu kita kehilangan seorang manusia besar abad ini," kata Wapres di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (6/12/2013), menyikapi wafatnya Nelson.

Wapres mengatakan, jika ingin membangun bangsa, tentu harus dengan semangat yang ditujukan Nelson dengan tidak pro-terhadap kekerasan dan tanpa dendam kepada mereka yang menzolimi. Tujuannya, menyatukan bangsa untuk mendapat kedamaian.

"Beliau tidak ada rasa dendam apapun kepada mereka yang memenjarakan. Keinginan beliau adalah meyatukan kelompok yang berbeda, dan beliau berhasil. Saya kira ini adalah tokoh yang luar biasa. Ini adalah inspirasi bagi kita semua, kalau kita ingin membangun bangsa, kita ambil inspirasi dari Nelson Mandela," kata Wapres.

Seperti diberitakan, pemimpin Afrika Selatan itu diumumkan tutup usia pada Kamis (5/12/2013  malam waktu setempat. Pada September 2013, Mandela meninggalkan rumah sakit di Johannesburg setelah tiga bulan menjalani perawatan intensif untuk infeksi paru dan sempat dinyatakan kritis.

Kondisi kesehatan Mandela dikabarkan kembali memburuk karena komplikasi infeksi itu. Ia meninggal ditemani keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com