Rabu, 22 Oktober 2014

News / Nasional

Kalapas Cipinang Dianggap Tidak Langgar Aturan

Minggu, 12 Februari 2012 | 13:15 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Idrayana memergoki M. Nazaruddin sedang mendapat kunjungan dari Anggota DPR, M. Nasir dan ex Pengacara Mindo Rosalina Manullang, Djufrie Taufik, Rabu (8/2/2012) tengah malam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap semua petugas lapas Cipinang, Kepala Kanwil Kememkumham DKI Jakarta, Taswem Tarib, mengatakan pihaknya tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan Kalapas Cipinang dalam kasus ini. Pasalnya, ini adalah murni kesalahan anak buahnya sebagai kepala keamanan Lapas yang memegang kendali dengan penjagaan saat itu.

"Jika Kalapas tidak memberi tahu itu bisa, tapi dia sudah kasih pengarahan dari sebelum-sebelumnya," tuturnya, Minggu (12/2/2012).

Saat itu, terang Taswem, Kepala keamanan lapas sedang mengalami tekanan, karena yang berkunjung merupakan orang yang dinilai memiliki pengaruh di negeri ini. Namun, meski demikian, sebagai seorang petugas yang bertanggung jawab terhadap peraturan di lapas, kepala keamanan tersebut sudah menyalahi peraturan lapas.

"Petugas kena tekanan psikologis karena dia anggap dia orang kecil, dan yang datang orang besar. Namun, itu tetap melanggar aturan," jelasnya. (Edwin Firdaus/Gusti Sawabi)


Editor : Latief
Sumber: