Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipuji, Obama Promo Bhinneka Tunggal Ika

Kompas.com - 12/11/2010, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua MPR RI Taufik Kiemas mengaku senang prinsip Bhinneka Tunggal Ika dipromosikan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pidatonya di Universitas Indonesia, Rabu lalu.

"Ini saya rasa, kita berkumpul mengapresiasikan Bhinneka Tunggal Ika. Tapi karena sudah lama kita enggak dengar Bhinneka Tunggal Ika jadi (kita) kaget-kaget juga saya rasa," katanya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (12/11/2010).

Taufik mengatakan, pidato Obama yang memuat penjelasan Bhinneka Tunggal Ika dapat menularkannya pada kehidupan berbangsa di dunia seperti yang telah dipraktikkan di Indonesia.

"MPR senang sekali. Empat pilar yang disosialisakan MPR ada juru bicara, seseorang yang paling komunikatif di dunia, yang bernama Obama, dan sekarang go international. Kita tergagap-gagap. Kita sebenarnya punya. Dan dia mengusulkan diterapkan internasional," tambahnya.

Di depan ribuan mahasiswa dan akademisi di Balairung UI, Rabu lalu, Obama memuji nilai Bhinneka Tunggal Ika yang diterapkan di Indonesia. "Bhinneka Tunggal Ika, persatuan dalam keragaman, ini merupakan contoh dasar yang diberikan Indonesia kepada dunia."
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com