Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammadiyah Harus Dorong Perubahan

Kompas.com - 03/07/2010, 16:24 WIB

MADINAH, KOMPAS.com Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Muhammadiyah agar tetap menjadi salah satu organisasi Islam yang mendorong perubahan positif di berbagai sektor.      "Saya berharap, memasuki abad kedua perjuangannya, Muhammadiyah tetap meneguhkan komitmennya sebagai pembawa misi Islam yang maju, mendorong perubahan transformatif," kata Presiden dari Madinah, Sabtu (3/7/2010).

Kepala Negara menyampaikan hal tersebut saat membuka Muktamar Muhammadiyah melalui telekonferensi didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan Muhammadiyah siap bekerja sama dengan pemerintah, tetapi tak akan segan mengoreksi pemerintah bila ada penyimpangan. "Sikap seperti itu akan dibangun. Sikap kritis, tetapi tetap loyal kepada pemerintah," katanya.

Kunjungan Presiden ke Arab Saudi merupakan bagian dari lawatan 11 harinya ke tiga negara, yaitu Kanada, Turki, dan Arab Saudi. Sebelumnya di Toronto, Presiden menghadiri KTT G20 yang membahas beberapa agenda, di antaranya perkembangan pemulihan ekonomi global, evaluasi inisiatif kerangka kerja G20, upaya pembangunan ekonomi global yang seimbang dan berkelanjutan, serta reformasi lembaga keuangan internasional dan regulasi sektor keuangan.

Adapun di Turki, Presiden melakukan pertemuan dwipihak dengan Presiden Turki Abdullah Gul dan Perdana Menteri Turki Recep T Erdogan. Pada 1 Juli, Presiden sudah berada di Arab Saudi untuk beribadah umroh tanpa ada jadwal kunjungan kenegaraan kepada otoritas setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com