Kamis, 31 Juli 2014

News / Nasional

Qodari: Banyak Iklan Caleg Tak Efektif

Selasa, 3 Maret 2009 | 15:23 WIB

JAKARTA, SELASA — Ada beberapa faktor yang mendorong pemilih menentukan pilihannya terhadap seorang calon legislatif, seperti aspek fisik, sosiologis, psikologis, kompetensi, dan program kerja caleg yang bersangkutan. Oleh karena itu, turunan dari aspek-aspek inilah yang harusnya dimuat dalam iklan kampanye seorang caleg.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, selama ini banyak caleg yang tidak efektif dalam membuat iklan kampanyenya, terutama dalam bentuk poster. Kebanyakan caleg hanya mencantumkan ajakan persuasif tanpa alasan yang jelas, selain foto, nama, dan nomor urut.

"Padahal, harusnya caleg mengedepankan kompetisinya supaya dipilih oleh konstituen karena mereka melihat apa yang mau Anda perjuangkan," ujar Qodari dalam rangkaian acara Rembuk Nasional Perempuan Indonesia bersama Program Pembagunan PBB (UNDP) di Jakarta, Selasa (3/3).

Menurut pengamatan Qodari, sekarang banyak caleg yang sudah berjerih payah turun langsung ke konstituen, tetapi kurang strategis dalam hal beriklan. Tanpa mencantumkan kompetensi dan program-program yang akan diperjuangkan dalam iklan, satu poin dalam strategi kampanye caleg akan berkurang.

Qodari mendorong setiap caleg untuk bergerak dalam 37 hari ini untuk melakukan kampanye yang benar dalam beriklan supaya masyarakat tidak memilih kucing dalam karung.


Editor :