Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disintegrasi, Ancaman Terbesar Bangsa Indonesia

Kompas.com - 24/01/2008, 22:06 WIB

JAKARTA, KAMIS - Panglima TNI, Djoko Santoso, mengatakan ancaman terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah ancaman disintegrasi bangsa. Jadi tantangan terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimana mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Djoko ketika ditanya wartawan soal ancaman terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, saat berlangsungnya konferensi pers dalam rangka rapat pimpinan TNI tahun 2008 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (24/1).

Djoko menjelaskan ancaman disintegrasi ini sangat membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. "Ancaman disintegrasi bangsa adalah ancaman yang paling membahayakan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Kita kuat menghadapi musuh dari luar. Tapi permasalahan dari dalam negeri inilah yang utama," kata Djoko saat acara yang juga dihadiri kepala staf angkatan darat, laut, dan udara tersebut.

Djoko menambahkan persatuan dan kesatuan adalah modal utama menjaga keutuhan negara. "Manakala bangsa ini bersatu ancaman dan tantangan apapun akan bisa diatasi. Tapi kalau bangsa ini retak persatuan dan kesatuannya, maka ini sudah merupakan bahaya yang paling besar buat bangsa Indonesia," kata Djoko.

Untuk mengantisipasinya, TNI pun telah merumuskan tindakan yang tertuang dalam salah satu tugas TNI tahun 2008. Tugas tersebut yakni menangkal, mencegah, dan menindak setiap bentuk ancaman dan gangguan yang membahayakan kelangsungan hidup, kehormatan bangsa, kedaulatan, dan keutuhan wilayah NKRI dengan meningkatkan kesiapan dan kesiagaan operasional jajaran TNI. (SMS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com