Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Bacakan Nota Keuangan Hari Ini sejak Menjabat sebagai Presiden

Kompas.com - 14/08/2015, 06:41 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015) ini untuk pertama kalinya sejak dilantik pada Oktober tahun lalu. Berdasarkan jadwal acara yang disiapkan pihak kesekjenan, pidato Presiden nantinya akan dibagi menjadi tiga tema dalam tiga sidang yang berbeda.
 
Dalam sidang tahunan MPR yang dimulai pukul 08.00 WIB, Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Dalam sidang tahunan DPR-DPD yang dimulai pukul 09.40 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI. 
 
Rangkaian acara kemudian dilanjutkan pukul 14.00 WIB, dengan agenda Sidang Paripurna pembukaan masa sidang I DPR tahun sidang 2015-2016. Dalam sidang ini, Presiden akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2016. Nota Keuangan juga akan turut disampaikan oleh Presiden.
 
Rangkaian acara dilanjutkan dengan peninjauan museum dan penandatanganan prasasti pencanangan penataan kawasan parlemen oleh Presiden.
 
Sejumlah persiapan sudah dilakukan di Kompleks Parlemen untuk pelaksanaan sidang yang akan dihadiri oleh Presiden dan tamu penting lainnya ini. Kain berwarna merah putih sudah mulai dipasang di segala penjuru gedung, termasuk di depan ruang Sidang Paripurna.
Taman-taman di kompleks parlemen juga dipercantik lewat bunga bernuansa merah dan putih. Para pekerja sibuk mengecat ulang atap gedung "kura-kura" dan sebagian sisi gedung yang warnanya mulai memudar.
 
Pimpinan DPR, MPR dan DPD pada Kamis kemarin sudah mengecek langsung persiapan sidang tahunan ini. Ketua DPR Setya Novanto memastikan semuanya sudah disiapkan dengan baik dan matang.
 
"Persiapan yang merupakan kerja sama DPR, MPR dan DPD ini sudah dilakukan dengan baik. Ini hal yang besar, dan kita sudah siap," kata Novanto.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com