Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal "Hattrick" Menang Pemilu, PDI-P Klaim Paling Siap Hadapi Pilkada

Kompas.com - 02/07/2024, 13:11 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ardito Ramadhan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Pemenangan Pilkada PDI-P Adian Napitupulu mengeklaim, PDI-P adalah partai politik yang paling siap untuk menghadapi Pilkada serentak 2024.

Adian beralasan, PDI-P berpengalaman tiga kali memenangkan pemilu yakni pada 2014, 2019, dan 2024 yang menjadi modal dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kita masuki Pilkada dengan mentalitas pemenang. Ingat, bahwa semakin sulit medan, semakin kuat lawan, semakin keras pertempuran, semakin indah kemenangan," kata Adian dalam acara Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Pilkada, Senin (1/7/2024), dikutip dari siaran pers.

Menurut Adian, pengalaman itu menjadi modal karena tidak ada partai politik di Indonesia yang pernah menghadapi pilkada di 545 daerah sekaligus.

Baca juga: PDI-P Prioritaskan Andika Perkasa untuk Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto menambahkan, PDI-P akan menjadi partai paling siap jika mempunyai persiapan yang matang, mulai dari perumumsan strategi hingga eksekusi di lapangan.

"Jika bisa memenangkan Pilkada, maka kita semua memiliki kesempatan untuk menyejahterakan rakyat," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu.

Ia menambahkan, dalam pertarungan di Pilkada, perumusan strategi harus dilakukan secara serius dengan menyesuaikan konteks pada masing-masing daerah.

Baca juga: PDI-P Dinilai Sulit Kalahkan Koalisi Khofifah jika Tak Bermitra dengan PKB pada Pilkada Jatim

Setelah itu, giliran pengorganisasian tim kampanye mulai dari relawan, tim sosial media, hingga tim "oor to door harus terstruktur sehingga pertarungan pilkada dapat dimenangkan.

Untuk diketahui, hari pemungutan Pilkada serentak 2024 akan jatuh pada 27 November 2024.

Sedangkan, pendaftaran calon peserta pilkada akan dilakukan pada Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com