Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sebut 1 Juta Kendaraan Sudah Tinggalkan Jabodetabek lewat Jalan Tol

Kompas.com - 08/04/2024, 13:42 WIB
Achmad Nasrudin Yahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat 1 juta kendaraan roda empat sudah meninggalkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hingga Senin (8/4/2024).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut 1 juta kendaraan roda empat tersebut keluar dari Jabodetabek melalui jal tol.

"Untuk di jalan tol sampai hari ini sudah ada 1 juta kendaraan yang keluar dari Jabodetabek," ujar Adita dalam program Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV, Senin.

Baca juga: Hasil Kerja Setahun Habis Pas Lebaran...

Kemenhub juga mencatat terdapat ratusan ribu kendaraan roda empat yang bergerak menuju arah barat ke timur.

"Jadi rasanya angka yang begitu tinggi itu terjadi. Belum lagi kita bicara di luar Jawa yang pergerakannya masih tinggi," ungkap Adita.

Adita mengakui bahwa kegiatan mudik Lebaran 2024 banyak tantangan yang perlu dievaluasi, terutama terkait manajemen kepadatan lalu lintas.

Di luar itu, kolaborasi dan koordinasi antar stakeholder juga menjadi penting dalam mengatasi tantangan tersebut.

"Tapi umumnya sampai H-2 hari ini rasanya kami masih bisa memberikan layanan cukup baik kepada masyarakat, ada kepadatan, ada kemacetan tetapi turun langsung pemerintah dan langsung mengurai," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com