Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lihat Langsung Transformasi Budaya Kerja Kemenkes, Menpan-RB: Jadi Inspirasi di IKN

Kompas.com - 21/02/2024, 15:50 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas bertemu dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Anas melihat langsung transformasi budaya kerja Kemenkes yang sudah menerapkan konsep shared office.

"Hari ini, saya sangat senang datang ke Kantor Kemenkes, melihat ruangan baru yang dapat mendorong kinerja lebih terbuka, transparan, berbasis output dan outcome," ujar Anas dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Kemenkes Dorong Deteksi Dini Kanker di Puskesmas, Mudah dan Murah

Menurutnya, terobosan yang sudah dilakukan Kemenkes tersebut dapat menjadi referensi dalam implementasi konsep shared office di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kami sedang menyiapkan konsep shared office di Kantor IKN. Ternyata, di kantor Pak Menkes (Budi) luar biasa. Menurut saya, (ini) menarik. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi rencana pemindahan ASN ke IKN," tutur Anas.

Selama kunjungannya, ia juga berkeliling Kantor Kemenkes dan menyapa para pegawai.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa inovasi yang diterapkan pihaknya merupakan salah satu langkah untuk mengimplementasikan nilai-nilai dasar aparatur sipil negara (ASN) yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK). 

Baca juga: Mahfud MD Anggap Orang Tak Beretika dan Berakhlak Cenderung Koruptif

Ia menekankan pentingnya agar budaya BerAKHLAK tidak hanya menjadi slogan yang terpampang di poster atau dibaca saja, tetapi juga benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kerja.

“Untuk itu, kami jalankan program khusus transformasi budaya kerja, salah satu caranya adalah kami merenovasi tempat kerja," ucap Budi.

Menurutnya, konsep shared office diterapkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman, terbuka, dan transparan bagi para pegawai saat bekerja. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kolaborasi di antara mereka.

Baca juga: Wujudkan Semarang Bebas TBC, Mbak Ita Tekankan Pentingnya Kolaborasi Lintas Sektoral

Untuk diketahui, selain menerapkan konsep kota pintar atau smart city, tata kelola pemerintahan di IKN Nusantara juga didukung dengan green design, green building, serta green open space.

Penerapan shared office mencakup pengelolaan fasilitas gedung dan bangunan secara terpadu, dengan menyediakan co-working space bagi ASN maupun tamu untuk digunakan secara bersama-sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com