Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elektabilitas Versi Litbang "Kompas" 3,4 Persen, PAN Bersyukur Telah Meningkat

Kompas.com - 25/08/2023, 09:38 WIB
Vitorio Mantalean,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional (PAN) memandang bahwa elektabilitas mereka yang mencapai 3,4 persen sebagaimana hasil survei teranyar Litbang Kompas merupakan kabar baik.

"Kami melihat bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari hasil survei Litbang Kompas tersebut dari yang tadinya PAN 1,6 persen menjadi 3,4 persen," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Seoparno kepada Kompas.com pada Kamis (24/8/2023).

"Itu sudah menunjukkan adanya apresiasi masyarakat terhadap kerja-kerja para caleg PAN yang sudah mulai melakukan kegiatan di lapangan, dan ini adalah sebuah momentum bagi PAN," lanjutnya.

Baca juga: Tanggapi Survei Litbang Kompas, PAN Optimistis Raih 60 Kursi di DPR

Momentum yang dimaksud olehnya adalah penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU RI pada Sabtu (18/8/2023).

Melalui penetapan DCS ini, PAN sudah dapat menugaskan para bakal caleg untuk memanaskan mesin partai di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

"Kami yakini bahwa momentum untuk ini akan berlanjut positif dan akan terefleksi di dalam survei-survei berikutnya," ujar Eddy.

Ia juga berujar bahwa bisa saja kondisi di lapangan menunjukkan bahwa elektabilitas PAN sebetulnya sudah bisa dikatakan melampaui parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas 10 Parpol Ini di Bawah 4 Persen

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur bahwa partai politik harus meraup sedikitnya 4 persen suara sah nasional untuk bisa tembus ke DPR RI (parliamentary threshold).

"Jangan lupa juga bahwa setiap survei itu memiliki margin of error. Bahkan survei Litbang Kompas pun memiliki margin of error," kata dia.

Survei melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023 dan melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Terdapat 7 Partai yang Elektabilitasnya di Atas Parliamentary Threshold

Metode ini menggunakan tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error penelitian ±2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei ini dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com